Breaking

Sunday 19 April 2015

TIPS CEPAT MENGHAFAL LIRIK LAGU BAHASA INGGRIS UNTUK TUJUAN PEMBELAJARAN

Oke di posting kali ini saya ingin berbagi tips tentang cara cepat menghafal lirik lagu bahasa Inggris untuk tujuan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran bahasa Inggris yang paling menyenangkan adalah dengan mendengarkan lagu barat, atau lagu berbahasa Inggris. Untuk saya sendiri, sangat menyukai pembelajaran dengan metode ini. Saya memang menyukai mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris walaupun belum bisa menangkap/mendengar kalimat liriknya secara langsung. Artinya untuk tahu liriknya seringnya saya cari tahu dulu isi liriknya di internet. Untuk pemula, hal ini wajar-wajar saja saya rasa. Lanjutkan saja. :) Kedepannya InsyaAllah akan bisa mendengarkan secara langsung isi lirik dari sebuah lagu tanpa harus cari tahu liriknya terlebih dahulu di internet.



Adapun ketika kita menyukai sebuah lagu dari salah seorang penyanyi atau band, tentunya secara langsung atau tidak langsung, seringkali kita berusaha menghafalnya walaupun tidak disuruh siapa pun dan walaupun besoknya tidak ada ujian lirik..hehe. Dengan hafal lirik dari sebuah lagu, kita akan dapat dengan mudah untuk menyanyikannya dengan lebih percaya diri. Dan tentunya yang pasti untuk menghafal lirik lagu dalam bahasa Inggris tidak semudah menghafal lirik lagu dalam bahasa Inggris. Serta biasanya diperlukan waktu lebih lama dibandingkan dengan kita menghafal lirik lagu berbahasa Indonesia.
Baca juga : 5 Kesalahan Fatal Dalam Belajar Bahasa Inggris

Dan di sini, saya hanya ingin berbagi tips bagaimana cara cepat dalam menghafal lirik lagu berbahasa Inggris untuk tujuan pembelajaran pribadi. Karena kebetulan saya juga suka mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris dan tidak jarang menghafal lirik-lirik dalam lagu tersebut. Selain karena itu menyenangkan, juga secara tidak langsung dapat meningkatkan pembendaharaan kata / vocabulary kita.

Berikut adalah tips-tipsnya.
1. Browse/cari lirik lagu yang diinginkan.Setelah dapat kalau bisa diprint lembar kertas liriknya.
Dengarkan kembali lagu sambil memperhatikan lirik lagu yang diprint tadi. Dengarkan berulang-ulang. Boleh 2,3,4,5 atau 6 kali. Terserah, secukupnya aja:)

2. Tulis kembali lirik yang telah dihafal tadi. Tulis dengan tulisan tangan atau ketik. Satu hal yang perlu diketahui, sebenarnya jari-jari kita juga memiliki ingatan. Pernyataan yang aneh ya :) Tapi pada kenyataannya memang seperti itu.
Contoh : Jika Anda mahir mengetik 10 jari, dan ketika ditanya, di mana letak huruf “Y”, anda pasti setidaknya perlu berpikir dulu dimana letak huruf tersebut. Tapi jika jari-jari Anda sedang menyentuh keyboard langsung, maka ketika ditanya dimanakah huruf “Y” dengan gampangnya pasti Anda akan secepat kilat menunjukkan mana huruf Y, bahkan tanpa melihat keyboard sekalipun. Jadi, lakukanlah re-write / tulis ulang lirik tersebut dengan tulisan tangan atau dengan mengetik di keyboard computer.

3. Setelah selesai menulis kembali liriknya, perhatikan baris demi baris dari lirik tersebut. Pahami maksud dari lirik tersebut, dan jika ada kata yang belum tahu artinya, bukalah kamus dan cari tahu artinya. Secara tidak langsung, di sini vocabulary Anda akan meningkat. Lakukan terjemahan dan cari maksud dari semua lirik tersebut.

4. Setelah didapat maksud dari lirik tersebut, kembali dengarkan lagu yang sedang dihafal sambil kembali melihat lirik yang telah anda tulis. Selanjutnya, dengarkan lagu tadi tanpa melihat lirik, maka di sinilah Anda akan merasakan efek dari usaha Anda melakukan re-write lirik seperti di atas. Anda dapat dengan mudah menghafal lirik lagu tersebut dan Anda bisa bernyanyi dengan lebih percaya diri. :)

Memang cara di atas sepertinya ribet, tapi sebenarnya justru menghemat waktu Anda dalam menghafal lirik dari sebuah lagu. Percaya, saya sudah membuktikannya, it works. :) Secara tidak langsung, Anda juga sudah melakukan latihan penting dalam mempelajari sebuah bahasa yang meliputi 4 aspek, yaitu Reading, Listening, Writing, dan Speaking hanya dengan menghafal lirik lagu. Cukup bisa dijadikan alternative dalam pembelajaran bahasa Inggris yang bisa Anda lakukan setiap harinya.


Sekian artikel sederhana tentang tips cepat menghafal lirik lagu bahasa Inggris ini. Terima kasih, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Semangat Belajar Bahasa Inggris dari Pak Tarmedi sang Supir Taxi

No comments:

Post a Comment