Breaking

Tuesday 12 May 2015

Cara Mengetahui Jumlah Kata Dalam Paragraf dengan Microsoft Word Untuk Keperluan Blogging

Halo sahabat blogger, kali ini saya mau berbagi tips sederhana tentang cara mengetahui jumlah kata dalam suatu paragraf dengan menggunakan Microsoft Word. Adakalanya ketika kita melakukan aktifitas blogging dan hendak mempublikasikan artikel, kita harus memperhatikan jumlah kata dari artikel yang kita tulis. Berdasakan artikel yang bertebaran di internet, kebanyakan menyebutkan bahwa sebaiknya artikel yang dipublish terdiri dari minimal 300 kata, akan tetapi jika bisa lebih panjang dari itu, ya lebih bagus tentunya.

Kendalanya adalah jika blog kita bermesin blogger / blogspot, kita tidak bisa mengontrol sudah berapa banyak kata yang kita tuliskan di sebuah artikel. Karena blogger tidak menyediakan fitur untuk menghitung jumlah kata yang sudah kita tulis di halaman posting. Tapi tenang saja, dengan satu cara simple, kita bisa melakukan itu dengan menggunakan fasilitas dari Microsoft Word. Aplikasi ini saya rasa sudah pasti terinstal di setiap komputer yang menggunakan Sistem Operasi Windows karena peranannya yang begitu banyak dalam kegiatan kepenulisan.

Oke, bagaimana cara mengetahui jumlah kata yang terdapat dalam sebuah paragraf dengan menggunakan Microsoft word? Berikut cara simpelnya.

1. Buka program Microsoft Word-nya. Jika tujuan kita hendak mengetahui berapa jumlah kata yang sudah kita tulis di halaman posting blog, maka cukup dengan copy paragraf yang ada dan paste di halaman Microsoft Word. Dalam hal ini saya menggunakan data yang memang .docx yang sudah ada.
Cara Mengetahui Jumlah Kata Dalam Paragraf dengan Microsoft Word

2. Arahkan pandangan mata ke bagian kiri bawah Microsoft Word. (Lihat contoh gambar di atas yang berwarna kuning). Di sana tertulis Words : 152/3,390 yang berarti 152 adalah jumlah kata yang diblok (warna biru) sedangkan 3,390 adalah jumlah kata keseluruhan dalam halaman Microsoft Word tersebut. Jadi Anda bisa dengan mudah mengetahui jumlah kata yang bisa digunakan untuk kepentingan Blogging atau jika hendak mempublish artikel.

Itulah cara sederhana tentang cara mengetahui jumlah kata dalam suatu paragraf. Walaupun simple tapi kadang masih ada saja yang belum mengetahui fitur dari Microsoft Word ini. Sebuah cara sederhana dan efisien ketimbang jika menghitung manual berapa kata yang sudah kita tulis. (bisa jereng matanya..hehe).

Sekian, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Cara Mudah Membuat Tombol Readmore di Postingan Blogger

No comments:

Post a Comment