Breaking

Thursday 7 May 2015

Tips Memilih Format Layout Artikel Blog - Rata Kiri Atau Rata Kiri Kanan?

Hallo sahabat blogger semua, apa kabarnya? semoga tetap dalam lindungan Tuhan yang maha esa ya. Kali ini saya ingin sedikit berbagi tips juga pengalaman sederhana tentang kepenulisan artikel di blog, yakni tentang Memilih Format Layout Artikel Blog - Rata Kiri Atau Rata Kiri Kanan? Mana yang lebih baik.?

Menulis  artikel secara rutin dan berkala di blog boleh dibilang merupakan tugas utama dari seorang blogger jika menginginkan blognya berkembang dan semakin banyak pembacanya. Selain artikel yang dibuat harus berisi konten yang bermanfaat, juga akan lebih baik jika artikel yang disajikan enak dipandang serta tidak menyulitkan pengunjung ketika membaca artikel yang disajikan.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi suatu artikel menjadi enak dipandang atau tidak. Yang paling sering dibahas adalah suatu artikel harus disisipi sebuah gambar yang relevan dengan isi atau konten artikelnya. Saya rasa kita semua setuju akan hal ini. Akan sangat membosankan ketika kita membaca sebuah artikel tapi hanya terdiri dari tulisan-tulisan panjang tanpa adanya gambar pendukung. Selain berpengaruh terhadap SEO, kehadiran gambar juga dapat mempercantik tampilan sebuah artikel.


Dan baru-baru ini terlintas sebuah pertanyaan di benak saya yang merupakan pemula di bidang blogger ini - tentang layout / tampilan paragraf yang sebaiknya saya gunakan untuk sebuah artikel blog agar artikel menjadi nyaman dibaca. Kita tahu secara global ada 4 jenis layout paragraf yang bisa digunakan, yaitu "Paragraf tulisan rata kiri (Align Text Left), rata kanan (Align Text Right), rata tengah (Center) dan rata kiri kanan (Justify). Namun lazimnya, sebuah tulisan dalam sebuah paragraf artikel formal kebanyakan menggunakan layout "rata kiri" atau "rata kiri kanan". Jarang yang kebanyakan hanya menggunakan "rata tengah" ataupun "rata kanan" yang biasanya hanya digunakan untuk artikel jenis puisi atau lirik lagu.

Dan karena blog saya ini hendak saya isi dengan artikel jenis formal, maka pilihan layout tulisan yang harus dipilih adalah "rata kiri" atau "rata kiri kanan". Apakah hal ini berpengaruh terhadap SEO? Menurut saya pribadi sih, saya kurang yakin jika pengaturan layout paragraf artikel blog bisa berpengaruh terhadap SEO, walaupun berpengaruh juga tidak banyak.

Dan setelah melakukan sedikit banyaknya pencarian, ternyata saya lebih banyak menemukan format paragraf untuk sebuah artikel adalah dengan menggunakan layout "rata kiri" dan saya pun memilih layout ini untuk format paragaraf artikel yang saya tulis.

Kenapa tidak "rata kiri-kanan" saja? Pada awalnya, saya juga banyak menggunakan format rata kiri-kanan di artikel-artikel saya yang lain di blog ini, karena dengan format tersebut, suatu paragraf akan lebih terlihat rapi seperti buku pelajaran sekolah ataupun seperti tugas makalah. Namun dengan format layout ini kadang saya menemukan artikel yang saya tulis di blog jika dibuka via mobile menjadi sangat tidak enak dipandang, tidak jarang antar kata satu dan kata lainnya terpisah dengan karaker spasi / jarak yang terlalu lebar karena menyesuaikan dengan lebar halaman posting. Sehingga menurut saya hal itu kurang enak dibaca dan dipandang mata. Namun jika menggunakan format layout "rata kiri" hal tersebut tidak akan terjadi, setiap jarak spasi antar kata sangatlah proporsional, dan menjadikan artikel menjadi enak dibaca.

Sehingga saya pun memutuskan untuk menggunakan format layout "rata kiri" saja untuk penulisan sebuah artikel di blog (seperti layout artikel ini), walaupun mungkin banyak postingan saya lainnya di blog ini yang menggunakan format layout "rata kiri kanan".

Itulah sharing dan tips sederhana tentang menentukan layout paragraf. Mana yang lebih sobat suka? Semua kembali pada selera masing-masing. Tapi jika saya beri saran, lebih baik pilih format artikel yang "rata kiri" saja. Karena tampilan artikel menjadi lebih elegan dan terkesan luwes.
Sekian dan terima kasih. Jangan lupa baca juga Tips Menghemat Kuota Internet Saat Menulis Artikel Blog

No comments:

Post a Comment