Breaking

Monday 8 June 2015

Cara Memasang Widget Label Bentuk Daftar atau Cloud di BLogger

Label dalam istilah blogging biasa juga diartikan sebagai kategori sebuah artikel. Yakni sebuah bentuk pengklasifikasian artikel / postingan berdasarkan topik tertentu. Peran label di blogger ini cukup penting, selain bisa memudahkan kita dalam setting daftar isi blog, bisa juga kita jadikan daftar label tersebut menjadi sebuah menu navigasi di sisi kanan blog agar memudahkan visitor / pengunjung untuk menemukan artikel sesuai kategorinya.

Dan pada umumnya ada 2 jenis format widget label di blog berplatform blogger, yakni format List / daftar dan format Cloud (seperti awan). Contoh widget label yang saya maksud bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Cara Memasang Widget Label Bentuk Daftar atau Cloud di BLogger

Bagaimana cara membuat dan memasangnya di blogger?
Untuk memasang daftar label di blogger itu sangatlah mudah, namun kadang masih ada yang belum tahu bagaimana cara membuatnya. Oke langsung saja. Berikut adalah caranya:

1. Seperti biasa login ke akun blogger sobat. Pilih menu Tata Letak (Layout) di bilah menu sebelah kiri.
2. Pada layout sisi kanan / side bar blogger sobat, klik pada Tambahkan Gadget
Cara Memasang Widget Label Bentuk Daftar atau Cloud di BLogger

3. Pilih Label, klik tanda plusnya. Maka akan muncul jendela pengaturan widget labelnya, seperti gambar di bawah ini. Isi judulnya dengan tulisan Label/Kategori atau yang lainnya. Silahkan lakukan setting sesuai keinginan. Jika menginginkan bentuk widget label berbentuk Daftar, maka klik pada tombol tulisan Daftar. Jika menginginkan widget berbentuk Cloud (awan), tinggal klik pilihan Cloud.
Cara Memasang Widget Label Bentuk Daftar atau Cloud di BLogger

4. Jika sudah, klik Simpan. Sesuaikan letak posisi widgetnya di sidebar / sisi kanan blog sobat.
5. Klik tombol Simpan Setelan. Dan silahkan cek tampilan blog sobat. Maka sebuah widget baru berisikan label (bentuk cloud / daftar) sudah tampil di sisi kanan blog sobat.

Ket: Tentunya sobat bisa memasang widget label ini bukan hanya di sisi kanan saja, tapi bisa juga dipasang di bagian kaki / footer blog. Cara pemasangannya juga sama, yang membedakan cuma penempatan widgetnya.

Oke itulah tata cara sederhana memasang widget label berbentuk daftar atau cloud di blogger. Semoga bermanfaat, terima kasih. Jangan lupa baca juga Cara Membuat Daftar Isi Blog berdasarkan Label / Kategori.

No comments:

Post a Comment