Breaking

Wednesday 30 September 2015

Cara Mudah Mengganti / Mengedit Permalink Artikel Blogspot yang Sudah dipublish

Cara Mudah Menganti / Mengedit Permalink Artikel yang Sudah dipublish di Blogspot - Permalink atau dalam bahasa Indonesia kerap disebut Tautan permanen adalah sebuah rangkaian tulisan yang berisi alamat dari sebuah halaman website atau blog yang sudah dipublikasikan di internet dan lebih sering juga disebut dengan istilah singkat "link". Contoh permalink yaitu seperti: http://www.bangrusman.com/2015/05/mengaktifkan-dan-memasang-komentar-google-plus-di-blogger.html . Berkaitan dengan peranannya dalam hal SEO (Search Engine Optimization), permalink ini bisa dibilang cukup penting karena dengan permalink yang bagus dan mengandung kata kunci tertentu, maka sebuah artikel dapat dengan mudah diindex oleh mesin pencari dan muncul di halaman pertama pencarian. Untuk menghasilkan permalink yang bagus secara SEO, usahakan untuk membuat susunan permalink yang sesuai judul artikel yang ditulis dan jangan terlalu panjang.

Cara Mudah Menganti / Mengedit Permalink Artikel Blogspot yang Sudah dipublish
Dalam hal ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengganti atau mengedit permalink artikel blogspot yang sudah dipublish. Mengganti permalink dilakukan karena berbagai alasan, seperti karena adanya kesalahan penulisan / tanda baca pada susunan link atau untuk sekadar menambah atau menguarangi kata pada link tersebut.

Awalnya saya berpikir bahwa permalink tersebut tidak bisa diedit jika artikelnya sudah dipublikasikan, karena berpatok pada kata Permanent (tetap). Dan juga jika sebuah artikel blogspot telah dipublish, maka fitur untuk mengedit/membuat Tautan Permanen Khusus akan hilang dan sepertinya tautan/link tersebut tidak bisa diganti lagi. Biar lebih jelas, seperti ini maksudnya:

Cara Mudah Menganti / Mengedit Permalink Artikel Blogspot yang Sudah dipublish

Tapi sebenarnya sangat bisa sekali kita mengedit tautan sebuah artikel yang sudah dipublish tersebut dengan satu langkah simpel tanpa harus edit html sana-sini yang bikin mumet. Blogger sendiri telah menyiapkan sebuah fitur yang memudahkan kita untuk melakukan hal tersebut.

Adapun caranya untuk mengedit permalink di artikel blog yang telah/terlanjur dipublish adalah sebagai berikut:

1. Seperti biasa, masuk ke daftar posting di dashboard blogger, kemudian edit postingan yang hendak dirubah permalinknya dengan menekan tombol edit.

2. Lihat ke arah sudut kanan atas halaman posting, sebelah tombol Publish (Publikasikan), sobat bisa melihat tombol Revert to Draft (Kembali ke Draft). Kliklah tombol tersebut, maka secara langsung artikel blog sobat tersebut akan kembali ke bentuk draft post. Sehingga fitur edit permalink akan kembali muncul dan kita bisa mengedit permalink tersebut sesuai dengan keinginan kita di tab edit permalink. Lalu simpan.

 Cara Mudah Menganti / Mengedit Permalink Artikel Blogspot yang Sudah dipublish

3. Setelah selesai, silahkan kembali publikasikan artikel sobat, maka permalink artikelnya sudah diganti. Dalam hal ini mungkin sobat khawatir bahwa artikelnya akan terpublish sebagai artikel baru dengan tanggal publikasi yang baru. Tapi tenang saja, artikel yang tadi kita edit permalinknya tetap terpublish dengan tanggal publish sebelum diedit, kecuali memang sobat juga ikut merubah tanggal publish artikel ketika mengedit permalinknya.


 Cara Mudah Menganti / Mengedit Permalink Artikel Blogspot yang Sudah dipublish
Oke, sekian panduan sederhana khusus untuk newbie tentang cara mengedit atau mengganti permalink blogspot ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment