Breaking

Wednesday 13 January 2016

Review Singkat Buku RAHASIA BISNIS ORANG CHINA - Ann Wan Seng

Halo sobat blogger, di artikel ini saya ingin sedikit menuliskan review singkat tentang sebuah buku yang belum lama ini secara tidak direncanakan saya beli di toko buku. Ya tidak direncanakan maksudnya dari awal masuk ke toko buku tidak berniat beli buku ini. Dalam dunia perdagangan retail, ini nama istilahnya yaitu Impulse Buying yang artinya pembelian yang tidak direncanakan terhadap suatu produk, karena dirasa produk tersebut bisa bermanfaat atau bisa jadi pelengkap produk lainnya. Misal kita niat hanya beli mie instan saja, tapi karena ingin lebih kenyang dan lengkap maka secara tidak direncanakan kita juga beli telur dan sawi untuk melengkapi mie instan tersebut. (Lha... kok jadi malah ngomongin istilah perdagangan sampe ke mie instan segala dibawa-bawa..he)

Oke balik lagi ke perkara buku yang saya beli tadi. Jadi memang bukunya itu berkaitan dengan dunia bisnis dan perdagangan, yang menurut saya unik, judulnya menggoda, dan saya rasa semua orang perlu baca buku ini. Apa judul bukunya? Oke tanpa perlu berlama-lama lagi, kita sambut.. ini dia bukunya. (kok jadi kayak ngundang bintang tamu acara talkshow..wkwkw). Gak perlu begini juga sebenarnya sih, wong judul bukunya udah ditulis di judul posting ini..hehe. Tapi gak apa-apa lah, lanjut terus..Inilah dia..jeng jeng..
RAHASIA BISNIS ORANG CHINA - Kunci Sukses Menguasai Perdagangan.
Oleh : Ann Wan Seng

Buku RAHASIA BISNIS ORANG CINA - Ann Wan Seng


Mantap dari judulnya saja sudah menggoda. Ya seperti kita tahu, bahwa orang china kerap kali selalu diidentikkan dengan kesuksesan dalam dunia perdagangan. Banyak kita lihat orang-orang china yang sukses membangun usaha dalam bidang apapun dan di mana pun dia menjalankan usahanya. Kasarnya, kalau orang China jualan makanan di pedalaman Afrika pun bisa berhasil.

Memang sudah sejak dulu, orang China sudah sangat dikenal sebagai bangsa yang sangat lihai dan pandai dalam berdagang. Hingga akhirnya sering muncul anggapan bahwa orang China telah dilimpahi bakat alami dalam berdagang. Apakah anggapan itu benar?? Jelas salah. Berdagang bukanlah bakat, tapi sebuah keterampilan yang bisa dipelajari untuk bisa piawai dan sukses. Jadi siapapun kita, dari ras manapun kita berasal, kita juga bisa sukses dalam berdagang.

Dan memang juga cara orang China dalam berdagang agaknya sedikit berbeda dengan bangsa lain di dunia. Lalu apakah yang membedakan antara orang non China dengan orang China dalam berdagang, sehingga mereka bisa sukses di hampir setiap jenis usaha yang dijalani. Perbedaan utamanya jelas terletak pada prinsip berdagang, falsafah, etika dagang dan strategi yang mereka terapkan dalam konsep dagangnya. Dan selama ini semua hal tersebut hanya menjadi sebuah rahasia yang tidak mereka publikasikan kepada banyak orang. Namun di buku karya Ann Wan Seng, dikemukakan secara gamblang tentang semua itu. Ann Wan Seng sendiri adalah seorang yang terlahir dari keluarga pedagang dan telah terbiasa membantu orang tuanya berdagan sejak kecil.

Buat sobat yang penasaran tentang Rahasia-rahasia orang China dalam berdagang dan ingin mempelajarinya, buku ini sangat cocok untuk sobat miliki, recomended banget lah. Silahkan cari di toko buku terdekat.

Karena judul artikel ini adalah review singkat, maka singkat saja saya menilai bahwa buku ini sangat bagus dan penting untuk dimiliki, khususnya oleh para pebisnis / pedagang pemula maupun yang sudah lama. Dengan melihat judul di sampul depan dan sinopsis di bagian cover belakangnya saja, saya berani menjamin bahwa buku ini akan sangat bermanfaat, walaupun saya sendiri baru sedikit menyelesaikan bacaannya..hehe

Jadi kesimpulannya, tidak ada kesimpulan. Nanti postingan singkat ini insyaAllah akan saya update setelah saya benar-benar telah membaca keseluruhan isi bukunya. Bagi yang penasaran, bisa langsung cari bukunya di toko buku kesayangan Anda. :)

Salam

No comments:

Post a Comment