Breaking

Tuesday 9 February 2016

Cara Mudah Mengetahui Kecepatan Mengetik

Mengetik cepat adalah sebuah keterampilan yang wajib dimiliki, khususnya oleh seorang penulis atau blogger. Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan jika bisa mengetik cepat. Selain bisa menghasilkan tulisan dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat, dengan mengetik cepat juga memungkinkan kita untuk bisa dengan cepat menuangkan ide yang terlintas dalam pikiran ke dalam sebuah tulisan.

Berapa kecepatan mengetikmu? Sudahkah kamu mengetahui berapa kecepatan mengetik yang bisa kamu lakukan sekarang? Jika belum, maka kamu bisa ikuti cara ini untuk mengetahuinya. Tapi sebelum masuk ke cara atau tutorialnya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apakah satuan dari kecepatan mengetik.

Seperti halnya kecepatan motor atau mobil yang biasa dipakai adalah km/jam (kilometer per jam). Artinya dalam waktu satu jam, berapa kilometer yang bisa ditempuh motor / mobil tersebut. Adapun dalam mengetik, satuan kecepatan yang dipakai adalah KPM (Kata Per Menit) atau dalam bahasa Inggris yakni WPM (Words Per Minute). Dari nama satuannya kita sudah bisa mengetahui maksudnya, yang mana satuan kecepatan tersebut menunjukkan berapa kata yang bisa kita ketikkan dalam tempo waktu 1 menit. Semakin banyak kata yang bisa diketikkan, semakin tinggi kecepatannya.

Nah, bagaimanakah caranya mengetahui kecepatan mengetik kita?
Untuk mengetahui berapa kecepatan mengetik, kita bisa menggunakan fasilitas online yang disediakan oleh webiste 10fastfinger.com. Di sana kita bisa berlatih dan melakukan test pribadi untuk mengukur seberapa cepat kemampuan kita dalam mengetik.

Langsung saja, berikut adalah caranya.
1. Kunjungi webiste / halaman http://10fastfingers.com/typing-test/indonesian# untuk melakukan test dalam bahasa Indonesia. Artinya, nanti kata-kata yang akan muncul dan harus kita ketikka adalah kata dalam bahasa Indonesia. Adapun jika kamu ingin menggunakan pilihan bahasa lain, bisa saja diatur dengan memilih bahasa sebelum melakukan test.

2. Jika sudah membuka halaman di atas, maka akan muncul deretan kata dan sebuah kolom pengetikan. Kamu sudah bisa langsung melakukan test kecepatan mengetik. Yang perlu dilakukan hanya mengetikkan ulang setiap kata yang diberi block khusus. Setiap kata yang diketik dengan benar akan tampak menjadi berwarna hijau, dan jika salah dalam pengetikan atau penekanan tuts, maka kata akan menjadi warna merah. Artinya maksimalkanlah potensi kamu disini. Usahakan jangan sampai terlalu banyak salah dalam menekan tuts, karena pastinya akan mengurangi hasilnya nanti.

Tips: Mengetiklah secara mengalir. Tidak usah terlalu bernafsu cuma karena ingin mengejar target kecepatan tinggi. Segala sesuatu yang dibarengi emosi biasanya tidak akan berjalan lancar. kadang di tengah-tengah malah banyak melakukan kesalahan pengetikan.

Lalu, usahakan seminimal mungkin untuk tidak menekan tombol backspace. Memang jika ada kata yang salah kita tuliskan, bisa saja kita hapus dengan menekan backspace. Namun dalam hal ini akan berdampak pada waktu yang terbuang. Yang harusnya bisa dapat satu kata, waktunya habis karena banyak mengoreksi kesalahan. Jadi saat kamu menyadari ada kesalahan dalam pengetikkan, terus lanjutkan. Terus fokus selama satu menit. Pandangan mata fokus pada layar, dan biarkan jari-jari kamu menari mengetikkan kata demi kata yang ada. Let It Flow.

3. Setelah satu menit berlalu, maka secara otomatis waktu akan berhenti dan hasilnya akan langsung bisa muncul. Sehingga kita bisa mengetahui berapa kecepatan mengetik kita, berapa jumlah tuts / karakter yang salah, dan berapa yang benar.

Typing Test

Kunjungi Tes Mengetik kemudian coba!

Bagaimana? Cukup mudah kan bagaimana caranya mengetahui berapa kecepatan mengetik kita. Gambar di atas adalah hasil dari test saya yang dari dulu masih segitu-segitu saja. Tidak ada peningkatan siginifikan, karena emang jarang latihan..hehe. Dan saya yakin, teman-teman di sini bisa jauh lebih cepat kecepatannya. So..segera buktikan sekarang.

No comments:

Post a Comment