Breaking

Saturday 12 March 2016

Cara Mudah Merekam Aktivitas Desktop Menjadi Animasi GIF

Di artikel kali ini saya ingin berbagi tutorial tentang cara merekam aktivitas desktop menjadi sebuah animasi berformat GIF. Ya, adakalanya untuk keperluan tertentu, kita membutuhkan rekaman video aktivitas desktop. Misal ketika hendak memberikan sebuah panduan / tutorial komputer untuk dimasukkan di blog, maka akan lebih jelas jika disajikan dalam sebuah file video screenshot. Sehingga akan lebih mudah dipahami oleh si pembaca tutorial tersebut. Atau bisa juga untuk sekadar iseng-iseng merekam aktivitas kita di desktop sebagai pengingat dalam mengerjakan sebuah panduan mengerjakan sesuatu misalnya.

Tentunya untuk tujuan tersebut, kita memerlukan software yang menawarkan fitur untuk perekaman layar desktop. Pada umumnya kita mengenal banyak sekali software sejenis itu, seperti yang paling terkenal dan sering digunakan adalah Camtasia. Namun saya rasa untuk penggunaan Camtasia sendiri lebih cenderung untuk membentuk video dengan kualitas bagus dan tentunya akan memakan memori yang cukup besar.

Karena tujuan kita di awal ingin merekam aktivitas desktop menjadi animasi GIF, maka di sini saya rekomendasikan sebuah software terpercaya untuk bisa menjalankan fungsi tersebut. Adapun namanya adalah LICEcap.

Kelebihan dari LICEcap yaitu berlisensi gratis, sehingga bebas kita gunakan dan sebarluaskan sesuka hati. Juga kualitas gambar yang dihasilkan sangat bagus dan cukup ringan. Serta pergerakan animasinya juga sangat halus dengan claim kecepatan rekam 60fps (frame per second). Satu lagi, tidak ada tulisan watermark yang menggangu di hasil rekamannya nanti. Joss lah.

Oke tanpa perlu berlama-lama, yang perlu kita lakukan hanya menginstal LICEcap di komputer. Caranya silahkan download terlebih dahulu file .exe dari LICEcap ini. DOWNLOAD DI SINI. 
Jika sudah terdownload, silakan Instal software tersebut, tinggal klik next..next saja.

Setelah proses instalasi selesai, maka kita sudah bisa menggunakan LICEcap secara full. Langsung saja, untuk merekam aktivitas desktop menjadi animasi GIF, silakan buka LICEcap-nya. Tampilannya adalah seperti terlihat di bawah ini.
Cara Mudah Merekam Aktivitas Desktop Menjadi Animasi GIF

Ukuran lebar dan panjang hasil rekamannya bisa kita atur dengan mudahnya dengan cuma men-dragdroup tepian aplikasi LICEcap ini. Lihat tanda panah merah di atas.

Untuk melakukan perekaman, kita tinggal menekan tombol Record yang terletak di sebelah kanan bawah software. Kemudian kita harus menentukan drive penyimpanan dari rekaman tersebut. Silakan simpan di drive/folder kesayangan Anda.

Cara Mudah Merekam Aktivitas Desktop Menjadi Animasi GIF
Setelahnya maka proses perekaman pun telah dimulai. Anda bisa menghentikan sementara perekaman dengan menekan tombol Pause. Atau jika dirasa sudah cukup, maka langsung saja klik tombol Stop. Maka hasil perekaman pun sudah bisa dilihat di folder/drive penyimpanan yang sudah ditentukan tadi.

Untuk demo, kurang lebih seperti ini.
Cara Mudah Merekam Aktivitas Desktop Menjadi Animasi GIF


Cara Mudah Merekam Aktivitas Desktop Menjadi Animasi GIF

Nah, begitulah cara mudah merekam aktivitas desktop menjadi animasi GIF. Semoga bermanfaat buat sobat pembaca sekalian. Semoga bermanfaat, terima kasih.

No comments:

Post a Comment