Breaking

Tuesday 19 July 2016

Cara Agar URL Static Page / Laman Sama Dengan Judulnya

Selamat malam sobat sekalian, kembali lagi bersama admin di sini. Di artikel kali ini saya ingin memberikan sebuah tips dan tutorial blogging sederhana, masih dengan platform blogger tentunya. Yang akan dibahas sekarang adalah cara agar URL Static Page (Laman Blog) sama dengan judul lamannya. Static Page / laman statis adalah halaman yang bisa kita buat untuk menampilkan informasi-informasi blog yang bersifat statis seperti kontak, about, kebijakan privasi, dll. Dan tutorial sederhana ini saya tulis atas dasar pengalaman yang mana kadang saat membuat sebuah laman blog, misal laman About, terkadang setelah dipublish URLnya tidak sama dengan judul laman / page nya.

Contoh kasusnya seperti ini. Misal saya membuat sebuah laman statis berjudul 'About'. Setelah lamannya dipublish, maka URL yang dibentuk idealnya adalah seperti ini >> indravedia.com/p/about.html. Namun kadang ada satu kasus yang menyebabkan URL yang dibentuk tidak sesuai / melenceng jauh dari yang kita harapkan, misalna jadi seperti ini >> indravedia.com/p/blogpage_17.html. Kenapa itu bisa terjadi? Berikut penjelasannya.
Cara Agar URL Static Page / Laman Sama Dengan Judulnya

Seperti kita tahu, untuk membuat sebuah laman, pihak bloggernya sendiri juga tidak menyediakan fitur kustomisasi / penyesuaian URL. Laman yang dipublish memuat URL hasil generate mesin bloggernya secara otomatis, tidak bisa kita edit sendiri. Jadi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita hendak membuat dan mempublikasikan laman.

Seperti hal sepele sebenarnya, toh tidak ada pengaruhnya jika dilihat dari segi isi/konten page-nya. Tapi jika kita tinjau dari segi SEO (Search Engine Optimization) maka hal ini juga cukup berpengaruh. Kita tahu robot perayap Google juga akan lebih mudah dalam mengindeks sebuah halaman salah satunya karena URL nya yang SEO Friendly. Lebih baik ini >> indravedia.com/p/about.html, kan dari pada ini >> indravedia.com/p/blogpage_17.html. 

***
Nah sekarang pertanyaannya, apakah yang menyebabkan URL sebuah laman terkadang menjadi tidak sesuai atau sama dengan judulnya? Hal ini juga sempat menjadi pertanyaan dan keresahan pribadi saya dulu pas awal-awal belajar, tapi alhamdulillah seiring berjalannya waktu sekarang saya sudah sedikitnya mengetahui akar penyebabnya dari kasus di atas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah page / laman agar URL yang dibentuk sama dengan judulnya. Apa sajakah itu?? Di bawah ini pembahasannya

Hal utama yang mempengaruhi pembentukan URL sebuah laman tidak sesuai dengan judulya adalah : Kita mendahulukan menulis isi laman ketimbang judul lamannya itu sendiri. Jika bidang isian judul dibiarkan kosong, karena kita mendahulukan mengetik isi postingnya, maka sistem Bloggernya akan men-generate bentuk URL nya menjadi seperti ini www.yourblog.com/p/blogpage_222. Jadi aturan mainnya, dahulukan menuliskan judul page / lamannya terlebih dahulu, baru kemudian isi page-nya. Dengan begitu, maka InsyaAllah URL yang dibentuk akan sama dengan judul dari page yang dibuat.

Selain itu, jika ada 2 atau lebih laman berjudul sama, salah satunya mungkin karena kita lupa telah membuat laman Contact lebih dari satu kali. Misal URL laman pertama www.yourblog.com/p/contact.html, maka URL blog yang kedua biasanya akan memuat satu atau dua digit angka di belakang URL nya, contohnya seperti begini www.yourblog.com/p/contact_17.html. Hal ini bisa kita siasati dengan menambahkan satu kata di judul lamannya, misal jadi Contact Us. Sehingga nanti setelah dipublish, URL yang dibentuk akan menjadi seperti ini www.yourblog.com/p/contact-us.html. Lebih terlihat eye catching dan SEO Friendly tentunya ketimbang memuat angka-angka yang kurang relevan seperti contoh di atas.

Nah, itulah cara yang bisa sobat lakukan agar URL static page / laman blog menjadi sama dengan judulnya. Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Dear copaser, AGC-er atau apalah julukan yang pantas buat Anda, saya mohon dengan hormat untuk Anda supaya menghapus seluruh artikel yang anda clone/grabe dari blog saya indravedia.com untuk label 'tips menulis' dan 'blogger'.
    Tindakan Anda bukan hanya merugikan saya, tapi juga akan merugikan Anda sendiri. Belajar hargai karya dan pengorbanan orang lain.

    Terima kasih.

    ReplyDelete