Breaking

Saturday 16 July 2016

Cara Paling Mudah Menghilangkan Tanggal Komentar Blog

Cara Paling Mudah Menghilangkan Tanggal Komentar Blog - Pernah saya baca salah satu tips blogging dari salah satu blog favorit saya yakni Portal-uang.com yang membahas tentang cara menjadikan artikel blog kita menjadi abadi. Abadi dalam artian, menjadikan artikel tersebut aktual atau terkesan aktual setiap saatnya. Dan salah satu hal yang menentukan adalah keberadaan tanggal yang tersemat dalam setiap postingan baik itu tanggal publikasi postingannya atau pun tanggal di komentar yang masuk.

Akan lebih baik jika blog kita memuat topik-topik Evergreen (konten abadi, bukan tren), untuk menghilangkan saja tanggal postingan dan komentar nya supaya akan tetap terlihat aktual. Jadi kesannya seperti baru terus. Komentar yang masuk 2 tahun yang lalu sekalipun tidak akan terlihat basi, karena tidak adanya tanggal yang tercantum di samping komentar yang dipublikasikan tersebut. Selain itu mungkin ada alasan-alasan personal lain yang membuat seorang admin blogger memutuskan untuk tidak menampilkan tanggal di komentar yang masuk di postingan blognya.

Untuk menghilangkan tanggal postingan sendiri di blog berplatform blogger caranya cukup mudah, bisa baca di sini. Adapun untuk menghilangkan tanggal di komentar blogger, agak diperlukan sedikit usaha karena harus menambahkan kode CSS di file HTML templatenya. Tapi tenang saja, caranya juga cukup mudah. Tidak perlu susah-susah edit HTML template. Cukup dengan copas kode di bawah ini. Ini adalah cara termudah yang bisa sobat terapkan, namun hasilnya works.

Berikut adalah detail caranya.
1. Copy script di bawah ini.
.comments .comments-content .datetime {display:none;visibility: hiden;}
2. Masuk menu Template, Sesuaikan (Customize)
3. Pilih menu Tingkat Lanjut (Advanced) > Tambahkan CSS lalu paste Script yang telah dicopy tadi di bidang yang ada.
Cara Paling Mudah Menghilangkan Tanggal Komentar Blog

3. Klik tombol Terapkan ke Blog > kembali ke blogger.
4. Selesai.

Silahkan sobat coba cek hasilnya. Sekarang komentar yang masuk di postingan sobat tidak akan lagi menampilkan tanggal. Jika sobat berpikir tanggalnya hilang, tenang saja karena fungsi script di atas hanya untuk menyembunyikan, tidak menghilangkan. Jika suatu saat sobat ingin menghilangkan fungsi ini ya tinggal copot saja script yang telah dicopy tadi. Simpel.

Bagamana? mudah bukan. Begitulah cara termudah untuk menghilangkan atau (dalam hal ini) menyembunyikan tanggal yang tersemat pada komentar postingan blog. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment