Breaking

Tuesday 26 May 2015

Cara Lengkap Membuat Email Baru di Google Gmail

Cara Lengkap Membuat Email Baru Google Gmail - Dewasa ini yang namanya Email atau sekarang kerap disebut dengan istilah "surel" (Surat Elektronik) sepertinya sudah menjadi hal yang tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Seperti kita tahu sekarang adalah zamannya internet dan Social Media, setiap orang rata-rata sudah memiliki setidaknya satu akun social media, entah itu facebook, twitter, path, dll. Dan pastinya untuk membuat sebuah akun Social media diperlukan sebuah akun email terlebih dahulu. Email juga banyak macamnya, ada yang pakai Yahoo!, Hotmail, dan yang paling popular saat ini digunakan adalah email dari Google (Gmail). Sobat pun bebas mau pakai yang mana, tapi jika sobat ingin menikmati beragam fasilitas yang disediakan dari Google, seperti Youtube, Blogspot, bahkan sampai penggunaan perangkat Android (yang notabene adalah milik Google), maka email yang harus sobat punya adalah Gmail dari Google. Dengan satu akun Gmail, sobat bisa menggunakan seluruh fasilitas dan layanan yang disediakan oleh Google. Menarik, bukan?
Membuat Email Baru di Google Gmail


Oke, untuk membuat dan memiliki sebuah akun email Gmail sangatlah gampang. Bahkan jika sobat pengguna Android, sekarang membuat akun Gmail sudah bisa dilakukan di perangkat Android Sobat. Namun di tutorial ini akan dijelaskan cara / panduan membuat email baru Gmail melalui layar Desktop / komputer. Silahkan ikuti cara berikut ini:
1. Masuk ke alamat Google Gmail di http://mail.google.com atau di http://gmail.com . Sama saja. Lalu klik tombol Create an Account

Membuat Email Baru di Google Gmail
2. Setelahnya akan diarahkan ke halaman isian identitas diri untuk permohonan aktivasi Gmail. Isi setiap form sesuai data diri dan alamat email yang diinginkan. Lihat Gambar di bawah ini.
Membuat Email Baru di Google Gmail

Penjelasan.:

1. Name : Isi dengan nama lengkap
2. Username : Isi dengan alamat email yang kita mau
3. Create Password: Buat password
4. Confirm Password : Ulangi penulisan Password
Usahakan untuk membuat password yang kuat, yakni terdiri dari kombinasi huruf dan angka dan karakter khusus ($%#@), sehingga susah ditebak oleh orang lain. Bisa dicatat di notepad bila takut lupa.

5. Birthday: Isi dengan data tanggal lahir
6. Gender : Pilih sesuai jenis kelamin. Pilih Male (untuk laki-laki), Female (untuk perempuan), atau pilih other (jika anda sedang bimbang..eh)..lanjut

7. Mobile Phone: Isikan no. HP dengan terlebih dahulu memilih kode negara dengan mengklik tanda panah kecilnya.

8. Current Email Address : Bisa diisi dengan alamat email lain yang sudah kita punya untuk keperluan recovery, dll (optional)
9.  Isi kode verifikasi yang muncul. Atau bisa juga dicentang agar tidak perlu verifikasi melalui telepon. Namun untuk kebanyakan kasus, walalupun sudah mengisi kode verifikasi captcha ini, tetap harus melakukan verifikasi via telepon / HP.
10. Location : pilih Lokasi negera tempat kita berada
11. Centang untuk pernyataan persetujuan / "Agreement".
Jika sudah, kli tombol  Next Step

3. Maka sobat akan diarahkan ke halaman verifikasi akun melalui HP. Siapkah HP sobat dalam keadaan aktif dan jaringan yang stabil agar proses pengiriman kode verifikasi berjalan lancar. Di sini sobat diharuskan mengisi no. HP untuk kemudian akan dikirimkan kode verifikasi via SMS atau via Voice Call. Silahkan bisa pilih diantara kedua opsi tersebut. Untuk saya sendiri lebih suka melalui Voice Call, karena cenderung lebih cepat responnya. Segera setelah kita klik tombol Continue, maka akan ada panggilan masuk dari Google (suara ibu-ibu bule) yang memberitahukan kode verifikasi 6 digit yang harus diinputkan. (di sini saya menggunakan bahasa Inggris, jadi voice call nya juga dalam bahasa Inggris)
Membuat Email Baru di Google Gmail

Panggilan telepon dari Google - Memberika kode verifikasi
4. Jika sudah mendapati kode verifikasi 6 digit via Voice call atau via SMS yang dikirim Google, langsung inputkan kode tersebut di field / bidang yang tersedia. Lihat gambar di bawah. Jika sudah, klik continue.

Membuat Email Baru di Google Gmail

5. Jika kode verifikasi yang dimasukkan benar, maka sobat akan diantarkan ke halaman berikutnya. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Silahkan klik tombol Continue to Gmail.
Membuat Email Baru di Google Gmail
6. Setelahnya sobat akan diarahkan ke halaman utama akun Gmail. Dan selamat, sampai di sini berarti sobat sudah berhasil membuat sebuah akun email baru di Google (gmail) yang bisa sobat gunakan untuk berkirim pesan dengan sesama pengguna email lainnya, untuk daftar social media. Dan yang tidak kalah hebatnya dengan satu akun Gmail saja sobat bisa login di semua layanan yang disediakan oleh Google, seperti Youtube, Blogger, Google Drive, Google Plus, dll. One Account For All.
Membuat Email Baru di Google Gmail

Baik itulah panduan / cara lengkap membuat email baru Gmail. Gambar-gambar yang disajikan di tutorial ini mengacu pada tampilan UI (User Interface) terbaru Google saat artikel ini ditulis, yakni bulan Mei 2015. Kemungkinan akan berubah seiring berjalannya waktu, karena kita tahu sendiri, Google cukup sering melakukan update atas layanan-layanannya, baik itu dari segi tampilan maupun feature yang disajikan.

Semoga panduan ini bermanfaat. Terima kasih. Jangan lupa baca juga Cara Mudah Mengganti Password Gmail

No comments:

Post a Comment