Breaking

Tuesday 26 May 2015

Cara Mudah Mengganti Password Akun Gmail

Cara Mudah Mengganti Password Gmail - Halo sobat, di artikel kali ini saya akan berbagi tutorial sederhana tentang cara mengganti password akun Gmail. Ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang Cara Lengkap Membuat Email Baru di Google Gmail. Seperti kita tahu, password atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut sandi merupakan suatu alat pengaman berupa kode yang bersifat privasi untuk melindungi data-data kita dalam sebuah akun di Internet.

Dan setelah sobat berhasil membuat sebuah akun Gmail, tentu akun tersebut harus benar-benar dijaga. Jangan sampai kata sandi atau Password bisa diketahui oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab dan berniat membobol akun kita. Dan bila kita menemukan indikasi adanya usaha dari pihak luar yang mencoba membobol (hacking) akun kita, maka langkah antisipasi pertama paling sederhana yang harus kita lakukan adalah dengan mengganti password akun tersebut, dalam hal ini password email Gmail.

Apapun alasannya, mengganti password sebuah akun, khususnya akun Gmail menurut saya sangatlah penting untuk meminimalisir terjadinya hacking. Dilakukan secara berkala, ya minimal 2 atau 3 bulan sekali. Dan perlu kita tahu, bahwa sebuah password lama tidak bisa digunakan lagi setelah diganti dengan password baru. Jadi untuk antisipasi, sobat bisa mencatat daftar password terbaru di notepad (optional), jika suatu saat lupa bisa melihat catatan tersebut.

Adapun untuk mengganti password Gmail caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Kunjungi halaman Pengaturan akun Google di https://myaccount.google.com/ lalu klik pada bagian Password.
Cara Mudah Mengganti Password Gmail
2. Setelahnya, sobat akan diarahkan pada form login. Masuklah dengan data email dan password. Password ini yang nanti akan kita ganti.
3. Pada form yang tersedia, ketikkanlah sejumlah karakter untuk dijadikan password baru. Buatlah password yang jauh lebih kuat dari password sebelumnya. Semakin panjang dan semakin rumit (kombinasi huruf dan angka), maka akan semakin bagus dan kuat, susah ditebak oleh orang lain. Jika sudah, klik tombol Change Password. Dan tunggu proses penggantian password ini sampai selesai.
Cara Mudah Mengganti Password Gmail
4. Jika sudah selesai, maka akan ada pesan masuk dari Google berisi notifikasi tentang penggantian password yang barus saja dilakukan. Silahkan coba dicek dengan log ini dan input password barunya.
Cara Mudah Mengganti Password Gmail

Alhamdulillah.. Selamat, sekarang akun Gmail sobat telah berhasil diganti passwordnya. Memang tidak ada yang bisa menjamin keamanan sebuah akun internet, tapi setidaknya dengan mengganti password secara berkala akan bisa meminimalisir terjadinya pencurian data oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Demikian tutorial tentang cara menggganti password gmail ini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment