Breaking

Wednesday 20 May 2015

Kenapa Perlu Menjadi Ranking 1 di Google?

Halo sahabat blogger, bagaimana kabarnya? semoga senantiasa baik, ya. Di postingan ini saya tidak akan memberikan tips atau tutorial, cuma ingin sedikit berbagi pendapat akan pentingnya menjadi ranking 1 di Google. Judul dari postingan ini saya buat dalam bentuk sebuah pertanyaan, kenapa perlu menjadi ranking 1 di Google? Dan lewat postingan ini saya akan menjawabnya menurut pandangan pribadi dan berdasarkan pada sedikit pengetahuan yang saya miliki.

Kenapa Perlu Menjadi Ranking 1 di Google?
Tapi sebelum kita bicara tentang Google, ada satu pertanyaan yang ingin saya ajukan. Apakah sobat di sini ada yang pernah menjadi ranking 1 waktu semasa sekolah?? ada?? yang pernah jadi ranking 1, silahkan ngacung!!. hehe . Atau mungkin hanya sekedar melihat temannya yang ranking 1.

Biasanya orang yang masuk ranking, khususnya ranking 1 akan mendapat perlakuan lebih istimewa dari guru dan teman-temannya. Tidak jarang juga dipercaya untuk mewakili sekolah dalam lomba yang bersifat akademik atau non akademik. Juga yang ranking 1 biasanya lebih dikenal oleh banyak orang di sekolahnya dan masih banyak perlakuan-perlakuan istimewa lainnya yang diberikan kepada si pemegang ranking 1 tersebut. Bagaimana? sudah bisa membayangkan enaknya jadi ranking 1? yang sudah pernah mengalami, pasti tahu gimana rasanya :)

Namun tentunya untuk menjadi ranking 1 bukanlah suatu pencapaian yang bisa didapat secara instant. Karena tidak ada yang instant di dunia ini, mie instant aja perlu direbus dulu sebelum bisa dimakan, betul apa betul banget?? Oke, skip. Intinya pasti akan diperlukan banyak usaha dan pengorbanan untuk sebuah pencapaian prestasi. Seperti si ranking 1 tadi, pasti dia tidak ujug-ujug dinobatkan sebagai ranking 1, karena sebelumnya dia telah melakukan banyak usaha dan kerja keras, belajar lebih rajin dari orang kebanyakan, berani keluar dari zona nyamannya dan bisa mendobrak rasa malas yang setiap waktu gentayangan menggoda (apa..coba :D ). Saya kira ini sudah menjadi hukum yang pasti, bahwa diperlukan usaha-usaha  dan kerja keras untuk mencapai sebuah tujuan. Dan kita pasti sepakat dengan hal ini,

Begitupun juga dengan menjadi ranking 1 di Google. Maksudnya adalah menjadikan web / blog kita atau postingan artikel kita bisa nangkring di puncak halaman pencarian Google di kata kunci tertentu. Tentunya tidak serta merta postingan kita bisa masuk dalam halaman pertama pencarian Google, atau jadi ranking 1, diperlukan serangkaian usaha untuk mencapai hal tersebut,  yang untuk selanjutnya usaha-usaha tersebut kerap disebut dengan istilah SEO (Search Engine Optimization). Baca : Pengertian SEO untuk blogger pemula

Kenapa Perlu Menjadi Ranking 1 di Google?

Di tengah persaingan dunia maya yang begitu ketat, tentunya menjadi ranking 1 di Search Engine, khususnya Google - akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi si pemilik postingan blog tersebut. Selain itu akan banyak juga dampak dan hal-hal positif yang bisa didapat, seperti popularitas blog yang bisa meningkat, semua orang menjadi lebih mengenal web atau blog kita, mendatangkan dollar atau penghasilan tambahan jika kita berbisnis internet, dan yang tidak kalah penting yakni kita bisa mendapat amal ibadah tanpa kita sadari (dari artikel yang kita publish), dengan catatan artikel yang kita tulis dan publikasikan tersebut memberikan manfaat pada banyak orang yang membacanya. Jadi dengan menjadi ranking 1 di Google pun bisa jadi ladang amal bagi kita. Bagaimana? Sudah paham kan bagaimana penting dan perlunya menjadi ranking 1 di Google.

Jika kita bicara tentang bisnis, inti dari upaya menjadi ranking 1 di Google adalah menjadikan web atau postingan kita menjadi ramai dikunjungi oleh orang-orang. Jika webnya berupa toko online, tentunya enak kan jika tokonya ramai, karena yang beli juga pasti banyak, omzet pun mengalir dengan derasnya (lebay dikit), dan toko online-nya pun menjadi dikenal banyak orang. Apalagi jika didukung oleh pelayanan yang baik, tentunya toko kita akan mempunyai nama baik di mata orang-orang dan menghasilkan efek MOM (Mouth Of Marketing) atau Pemasaran dari mulut ke mulut, orang-orang dengan sukarela mempromokan dan merekomendasikan toko kita kepada orang lain, yang membuat toko kita semakin hari semakin ramai.

Seperti yang kita tahu, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia untuk mencari informasi atau bahkan ketika hendak membeli suatu barang yang diinginkan. Misal ada seseorang yang ingin membeli baju batik bola Real Madrid. Karena tidak mau ribet, dia memutuskan untuk beli online saja. Akhirnya dia pun mencoba membuka Google dan mengetikkan rangkaian kata berkenaan dengan produk yang dicarinya, misal dia mengetikkan seperti ini "jual baju batik bola Real Madrid", Enter. Dan..jeng jeng..maka dalam waktu tidak sampai satu detik, Google akan memberikan hasil pencarian yang diinginkan, yakni berupa halaman-halaman web toko online yang menjual produk tersebut. Dan bayangkan jika web toko online sobat yang muncul di halaman pertama pencarian Google tersebut, apalagi menjadi ranking 1, tentu web sobat akan ramai oleh pengunjung dan potensi terjadinya transaksi jual-beli online pun semakin tinggi, omzet pun meningkat.
Kenapa Perlu Menjadi Ranking 1 di Google?

Nah, begitu kira-kira sedikit alasan yang bisa saya sampaikan tentang alasan kenapa perlu menjadi ranking 1 di Google. Dengan usaha dan kerja keras dalam mempelajari SEO, menjadi ranking 1 di Google (di kata kunci tertentu) atau setidaknya bisa masuk di halaman pertama di pencarian Google bukanlah suatu hal yang mustahil untuk dicapai. Tidak ada yang tidak mungkin selagi kita berusaha dan tidak menyerah. Karena jika kita menyerah, habislah sudah.

Sekian artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat bagi setiap yang membacanya. Terima kasih. Jangan lupa baca juga Apa saja yang diperlukan sebelum melakukan SEO?


No comments:

Post a Comment