Breaking

Tuesday 19 May 2015

Panduan Tentang Pages/Laman, Cara Membuat dan Menjadikannya Sebagai Menu di Blog

Halo..Selamat Malam sahabat blogger sekalian. Di artikel kali ini saya akan memberikan panduan dan tutorial tentang Pages atau biasa disebut Laman di Blog dan bagaimana cara menjadikannya sebagai menu di blog. Ada baiknya sebelum menginjak lebih jauh, kita membahas sedikit tentang Pages atau laman itu sendiri.

Sekilas Pages ini mirip dengan postingan artikel biasa karena cara penulisan dan format isiannya pun memang sama, yang membedakan hanyalah dari segi fleksibilitasnya. Pages ini biasa juga disebut sebagai static page / halaman statis.

Jika sobat membuat sebuah postingan artikel biasa di halaman posting lalu dipublish, maka secara otomatis postingan kita tersebut akan muncul di blog. Namun beda halnya dengan Pages / Laman ini, postingan yang sudah sobat tulis di Pages dan dipublish nantinya bisa ditampilkan di sebuah bagian tertentu di blog atau justru mungkin tidak ditampilkan sama sekali, karena mungkin sobat ingin menghubungkannya terlebih dahulu dengan sebuah link.

Pages ini sangat berguna dan berperan penting dalam mendukung kelengkapan sebuah blog agar bisa tampil lebih profesional seperti sebuah website. Adapun pada umunya pages yang biasa ditampilkan dalam sebuah blog yakni Home / Beranda, About, Contact, Peta Situs, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Membuat Pages dan Menjadikannya Sebagai Menu di Blog?
Untuk membuat pages di blog ini sangatlah mudah. Jika sobat sudah paham betul dan mengerti tentang cara menulis dan mempublish artikel di halaman posting biasa, tentu untuk membuat sebuah Laman / Pages bukanlah pekerjaan yang sulit. Berikut adalah uraian lengkap untuk membuat pages dan menjadikannya sebagai menu di blog.

1. Silahkan login blogger sobat, dan setelah masuk dashboard, silahkan pilih menu laman
Cara Membuat Pages dan Menjadikannya Sebagai Menu di Blog
2. Klik tombol Laman Baru, maka akan tampil sebuah halaman posting untuk mengatur judul pages dan isi dari page itu sendiri. Tampilan halamannya sama persis dengan halaman posting biasa. Tampilannya seperti berikut ini
Cara Membuat Pages dan Menjadikannya Sebagai Menu di Blog

  • 1. Judul : Ini nantinya akan tampil sebagai nama page nya. dan akan membentuk URL link page secara otomatis dengan format namablog.blogspot.com/p/judul-page . Misal kita akan membuat halaman kontak, bisa ketikan di judul dengan Contact Us, maka nanti alamat URL nya akan menjadi namablog.blogspot.com/p/contact-us
  • 2. Isi Page: Ini adalah bagian inti karena merupakan isi dari page yang hendak dibuat. Misal di sini kita akan membuat halaman Kontak, maka di halaman tersebut sobat bisa isi dengan kontak seperti alamat email, akun facebook, atau pun no.hp. Atau bisa juga membuat sebuah form isian yang bisa digunakan oleh visitor untuk mengirimkan pesan. Baca Cara Membuat Form Halaman Kontak Blogger
  • 3. Deskripsi Penelusuran : Bagian ini bisa sobat isi dengan deskripsi yang menjelaskan isi daripada page yang sobat buat.
  • 4. Pilihan Pengaturan : Di bagian ini sobat bisa melakukan pengaturan lebih lanjut, yakni terdiri dari pengaturan komentar pembaca (Izinkan atau tidak), pengaturan mode tulis, dan pengaturan mode baris baru. Jika sudah, klik tombol selesai.
3. Jika sudah dirasa cukup, maka klik tombol Publikasikan. Maka halaman / page pun telah dibuat. Sobat bisa membuat beberapa laman / pages lain, seperti Privacy Policy, Disclaimer, dsb dengan menggunakan cara yang sama. Jika sudah berhasil dibuat maka di dashboard blogger, di menu laman akan tampil deretan laman-laman yang telah dibuat.

Sampai di tahap ini laman/pages sudah berhasil dibuat, namun biasanya belum tampil di blognya. Bagaimana cara menampilkannya dan memposisikannya di atas sebagai menu blog? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Masuk di blogger, pilih menu Tata Letak / Layout.
2. Klik tambah Gadget di bawah header blog agar nantinya beberapa page tampil mendatar dan terlihat sebagai menu tepat di bawah header blog, lalu klik tanda + pada pilihan Laman
Cara Membuat Pages dan Menjadikannya Sebagai Menu di Blog

3. Maka akan muncul tampilan pengaturan laman. Akan muncul beberapa laman / pages yang telah dibuat. Dan untuk menampilkannya, sobat bisa mencentang pada pages/laman yang ingin ditampilkan, seperti contoh di bawah ini. Lalu klik Simpan.
Cara Membuat Pages dan Menjadikannya Sebagai Menu di Blog
4. Jika sudah tersimpan, maka silahkan cek blog sobat sekarang. Maka di bagian atas blog, di bawah header akan muncul deretan page / laman yang telah kita buat tadi.
Selamat!! Sekarang blog sobat sudah berhasil dipasangi pages / laman. Dan tentunya akan membuat blog menjadi terlihat lebih ciamik dan lebih profesional tentunya.Tapi tentunya panduan ini ditujukan untuk sobat yang menggunakan template bawaan blogger, bukan template custom.

Oke, itulah penjelasan dan tutorial tentang cara membuat pages / laman dan menjadikannya sebagai menu di blogger. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua. Jika ada tanggapan atau pertanyaan, silahkan bisa sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

Sekian dan terima kasih. Jangan lupa baca juga Cara Membuat Halaman Kontak Blogger

No comments:

Post a Comment