Breaking

Friday 18 December 2015

Cara Menambahkan Recent Comments Di Blogger

Cara Menambahkan Recent Comments Di Blogger - Tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri jika suatu postingan kita di blog banyak dikunjungi dan dibaca orang, kemudian mereka meninggalkan banyak jejak di kolom komentar. Itu menandakan bahwa blog kita sedikit banyaknya bisa bermanfaat bagi orang lain yang membacanya. Maka dari di artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara menampilkan fitur Recent Comments / Komentar Terbaru di blogger, yang bisa sobat tempatkan di widget atau footer blogger.


Apa fungsi dan peranannya kita menambahkan Recent Comment di blogger? 
Bila sebuah blog telah memiliki trafik pengunjung yang lumayan dan stabil setiap harinya, biasanya akan selalu ada komentar yang masuk setiap harinya untuk setiap posting yang dipublish. Dan dengan memasang fitur Recent Comments, maka kita sebagai admin akan dengan mudah melirik bahwasanya ada komentar baru yang masuk. Dan hal ini juga akan terlihat baik di mata visitor karena melihat adanya komentar dari orang lain di blog yang dikunjunginya, sehingga secara tidak langsung juga akan memotivasi dia untuk tidak ragu turut meninggalkan jejak di postingan, baik itu berupa pertanyaan, masukan atau yang lainnya. Dan tentunya hal ini baik secara SEO dan dapat menaikkan trafik Page View dari blog itu sendiri.

Bagaimana Cara Menambahkan Recent Comment di Blogger?

Di sini kita akan memasang fitur Recent Comments di widget blogger. Tampilannya cukup simple namun tetap terlihat elegan. Untuk penerapannya sendiri sangatlah gampang.

Pertama, seperti biasa log in ke akun Blogger. Kemudian masuk menu Layout / Tata Letak dan pilih  Add A Gadget --> Add HTML/JavaScript. Dan berikan judul, seperti "Recent Comments" atau "Komentar Terbaru" atau yang lainnya. Lalu Copy script di bawah ini dan pastekan di bidang yang tersedia.

<script style=text/javascript src="http://helplogger.googlecode.com/svn/trunk/recent comments widget.js"></script><script style=text/javascript >var a_rc=5;var m_rc=false;var n_rc=true;var o_rc=100;</script><script src=http://www.blogkamu.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments ></script>
<style type=text/css>
.rcw-comments {
font-family: inhert;
font-size: 14px;
margin-bottom: 15px;
border-bottom: 1px solid #d2d2d2;
padding-bottom: 15px; line-height: 20px; }
}
</style>

Sebelum di simpan, ada beberapa pengaturan dan kustomisasi yang harus sobat lakukan, yakni dengan mengedit script di atas.

  • Ganti tulisan berwarna merah dengan URL blog sobat agar nanti widgetnya berfungsi.
  • Angka 5 (warna biru) menunjukkan jumlah komentar yang ditampilkan di widget. Ganti dengan angka sesuai keinginan berapa jumlah komentar yang ingin ditampilkan.
  • Ganti false dengan true jika ingin menampilkan tanggal untuk setiap komentar yang ditampilkan di widget.
  • 100 adalah jumlah karakter maksimal yang ditampilkan di widget untuk setiap komentarnya. Ganti sesuai keinginan.

Setelah kustomisasinya selesai, langsung klik Save / Simpan. Dan silahkan cek bagaimana hasilnya. Untuk demonya sendiri, bisa sobat cek di widget blog ini.

Baik itulah tutorial cara menambahkan Recent Comments di blogger. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih.

Souce Code : helplogger.blogspot.com


No comments:

Post a Comment