Breaking

Sunday 13 December 2015

Cara Memasang Script Anti Copy Paste Postingan Blogger (Kecuali Bagian Tertentu)

Cara Memasang Script Anti Copy Paste Postingan Blogger - Tentunya untuk seseorang yang berprofesi sebagai seniman yang menghasilkan karya, seperti buku, lagu, video dan apapun itu bentuknya, akan sangat tidak mengenakkan jika karya kita tersebut dengan gampangnya dicomot orang lain, dipublikasikan dan diclaim sebagai miliknya tanpa seizin si yang punya karya. Tak terkecuali bagi seorang blogger. Banyak blogger yang mau enaknya aja dengan hanya copy paste artikel dari blog lain kemudian ditempel plek sama di blognya, bahkan tanpa menyertakan link sumbernya.

Dan untuk menghindari atau setidaknya meminimalisir tindakan copy paste tersebut, kita bisa melakukan upaya pengaturan di blog kita. Dan artikel kali ini akan dibahas bagaimana caranya memasang script anti copy paste terhadap postingan di blog kita. Script yang akan dipasang di sini berfungsi untuk menonaktifkan fitur block pada postingan kita, sehingga tidak bisa dicopy. Namun untuk di bagian tertentu masih berfungsi normal, seperti di bagian tulisan Block Quote atau kode-kode html.
Cara Memasang Script Anti Copy Paste Postingan Blogger
Sehingga script ini cocok dipasang di blog yang sering membagikan kode-kode html untuk sebuah tutorial misalnya. Artinya untuk paragraf penjelasan di artikelnya tidak bisa dicopy, kecuali untuk kode dan kata-kata yang berada dalam block quote yang dibagikan. Selain itu, script ini juga tidak akan mengganggu loading dari blog kita. Adapun untuk demo penerapannya, sobat bisa cek postingan ini, pasti tidak bisa dicopas kecuali di bagian-bagian tertentu.

Berikut adalah script yang kita akan pasang nanti di pengaturan edit HTML
.post { -webkit-touch-callout:none; -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -ms-user-select:none; -moz-user-select:none; }
.post blockquote,.post pre,.post code { -webkit-touch-callout:text; -webkit-user-select:text; -khtml-user-select:text; -ms-user-select:text; -moz-user-select:text; }
Oke langsung saja kita masuk ke langkah-langkahnya.
1. Copy script di atas
2. Login ke akun blogger sobat.
3. Masuk menu template dan klik menu Edit HTML

Cara Memasang Script Anti Copy Paste Postingan Blogger

4. Cari kode ]]></b:skin> dengan menekan CTRL+F Lalu paste/tempelkan script tadi tepat di atasnya. Lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.
Cara Memasang Script Anti Copy Paste Postingan Blogger

5. Jika sudah selesai, langsung klik tombol Simpan / Save Template untuk menyimpan pengaturan.
6. Silakan cek hasilnya di blog sobat sendri.

Oke, sekarang sobat sudah mengetahui tentang cara memasang script anti copy paste postingan blogger. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi sobat blogger sekalian. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment