Breaking

Saturday 12 December 2015

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Blog Berdasarkan Tanggal Posting

Baik di postingan ini saya akan membahas tentang cara mudah membuat daftar isi blog berdasarkan tanggal posting dari setiap artikel yang telah kita publish di blogger. Mungkin sudah banyak sekali blog yang membahas tentang hal ini, tapi tidak ada salahnya saya coba ikut membagikan bagaimana caranya yang tentunya memang sangat sederhana dan mudah sekali dilakukan oleh newbie sekalipun.

Tentunya kita sudah tahu bagaimana peran / fungsi dari dibuatnya sebuah halaman daftar isi. Selain bisa merapihkan arsip artikel, juga bisa memudahkan visitor untuk menemukan artikel-artikel lain dari blog kita berdasarkan kategori tertentu. Sehingga akan sangat bagus untuk meningkatkan trafik dari blog itu sendiri.

Dan di artikel kali ini akan dijelaskan cara membuat daftar isi yang akan tersusun secara otomatis mengikuti tanggal publish dari setiap artikelnya. Bersifat otomatis karena nantinya kita tempatkan kode script HTML di laman tempat dibuatnya daftar isi tersebut.
Cara Mudah Membuat Daftar Isi Blog Berdasarkan Tanggal Posting

Oke, daripada berbelit-belit, langsung saja kita ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut. Tentunya di sini saya asumsikan blog sobat telah memiliki beberapa artikel yang telah dipublish sebelumnya.

1. log in ke akun blogger sobat, pastinya.
2. Masuk ke menu laman, dan buatlah laman baru.
3. Di halaman posting laman, di bagian judul post ketikkan judul Daftar Isi, Sitemap, atau sejenisnya. Lalu masuk ke mode input HTML, jangan compose. Dan pastekan kode html berikut di dalamnya.
<script src="http://post-xml.googlecode.com/files/feed-dates.js" type="text/javascript">
</script>
<script src="http://blogkamu.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script>
 
ket: Ganti tulisan berwarna merah di atas dengan domain / URL blog sobat. Lalu klik tombol Publish.

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Blog Berdasarkan Tanggal Posting

4. Selesai. Silahkan cek hasilnya di blog sobat sendiri dengan melihat laman daftar isi yang telah dipublish tadi.

Bagaimana? mudah sekali kan, dan hasilnya pun memang terlihat simple/sederhana namun tetap powerfull karena setiap artikel akan tersusun menjadi rapih secara otomatis tanpa perlu kita mengeditnya satu persatu setiap kita mempublish artikel.

Oke, sekarang sobat sudah mengetahui cara membuat daftar isi blog berdasarkan tanggal posting artikel di blogger. Selamat mencoba dan salam blogger.

Terima kasih.

No comments:

Post a Comment