Breaking

Saturday 16 January 2016

3 Tips Sederhana Agar Konsisten Shalat Dhuha Setiap Hari

Shalat Dhuha adalah salah satu amalan ibadah bagi umat Islam yang sifatnya sangat dianjurkan (Sunnah Muakad). Waktu pelaksanaanya adalah ketika matahari sedang naik (sekitar pukul 7 sampai masuk waktu dzuhur). Dilakukan sekurang-kurangnya dua rakaat, boleh empat rakaat, enam rakaat atau delapan rakaat.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengamalkan shalat Dhuha. Bahkan saya pernah mendengar bahwa mantan Presiden ke tiga kita, Pak BJ Habibie mengatakan bahwa salah satu kunci kesuksesannya sampai saat ini adalah beliau tidak pernah meninggalkan Shalat Dhuha.

Ya..memang  Shalat Dhuha adalah salah satu ibadah yang amat spesial dan eksklusif bagi umat islam yang telah dicontohkan dan sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Beliau tidak pernah meninggalkan shalat dhuha dan menganjurkan para Sahabat juga untuk senantiasa melakukan shalat Dhuha setiap pagi.
Tips Konsisten Shalat Dhuha
Waktu pagi, Creative Commons dari flickr Anne
Namun ada kalanya walaupun kita sudah tahu tentang manfaat shalat dhuha, masih saja banyak alasan untuk tidak mengerjakan amalan ibadah yang satu ini. Yang kebanyakan alasannya mungkin berupa keduniaan, seperti tidak ada waktu, keburu masuk kerja, dll. Di sinilah sebenarnya pola pikir kita yang harus dirubah terlebih dahulu. Jika alasannya sibuk dan tidak punya waktu, justru shalat dhuha lah, maka kita tidak akan sibuk lagi nanti dan pasti waktu kita juga akan dilapangkan. Percayalah.

Oke, jika sekarang shalat dhuha kita masih bolong-bolong, atau bahkan jarang sekali melakukannya, mungkin inilah saatnya anda melakukan transformasi dalam hidup anda. Pantang menyerah untuk berusaha konsisten shalat dhuhanya.

Baik, di sini saya sekedar ingin sedikit memberikan tips sederhana agar bisa konsisten shalat dhuha setiap pagi, setiap hari. Insya Allah tips nya sudah terbukti bisa bikin kita istiqamah dan konsisten shalat Dhuhanya. Oke, langsung saja ini dia...

1. Ketahui dan pelajari tentang manfaat / keutamaan dari Shalat Dhuha

Ya.. hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengetahui terlebih dahulu apa saja keutamaan dari Shalat Dhuha. Kenapa shalat dhuha itu sangat dianjurkan? apa yang kita bisa dapat dengan mengerjakan shalat dhuha secara konsisten setiap hari?

Jika anda belum mengetahui secara detail tentang manfaat dan keutamaan shalat dhuha, banyak sekali halaman web yang menyediakan informasi tersebut. Anda bisa browsing untuk mencari tahunya. Namun di sini saya akan sedikit memberikan gambaran apa saja keutamaan dari shalat Dhuha, seperti:
  • Hukumnya adalah sunnah muakad, artinya sangat dianjurkan dan telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Beliau tidak pernah meninggalkan shalat dhuha, juga mengajarkan para Shahabat untuk mengerjakannya juga.
  • Allah menjamin rezeki orang yang mengerjakan shalat Dhuha di pagi hari hingga sepanjang hari itu
  • Keutamaan lainnya, seperti disebutkan dalam hadits berikut:
Dari Abu Dzar radhiallahu anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Pada setiap persendian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma'ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (shalat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha." (HR. Muslim, no. 1181) 
Dengan mengetahui keutamaan dari shalat dhuha itu sendiri, maka kita akan termotivasi untuk bisa mengerjakannya.

2. Buatlah target pribadi 7 Minggu Konsisten

Tips kedua agar kita bisa konsisten mengerjakan shalat dhuha setiap hari adalah dengan membuat komitmen dalam bentuk target pribadi. Menurut sebuah penelitian para ahli di Eropa sana, untuk membentuk suatu hal menjadi sebuah kebiasaan, maka kita harus melakukannya secara konsisten selama sekurang-kurangnya 7 Minggu (49 hari berturut-turut). Sehingga setelahnya akan terbentuk sebuah kebiasaan baru dan kita akan merasa ada yang kurang jika tidak melakukan kebiasaan tersebut dalam sehari.

Maka dari itu, targetkan dan bulatkan tekad untuk 7 minggu kedepan untuk selalu shalat dhuha setiap pagi. Anda bisa membuat tanda di kalendar atau buat reminder / alarm khusus di handphone sebagai pengingat untuk segera melakukan shalat dhuha. Atau bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi Habit Tracker yang bisa didownload di smartphone. Baca : Cara Menggunakan Aplikasi 7Weeks Habit Tracker Untuk Membentuk Kebiasaan Baru

Tentunya ada pengecualian jika kita punya alasan syar'i untuk bisa meninggalkan shalat dhuha tsb, seperti karena sakit atau sedang dalam perjalanan jauh yang tidak memungkinkan untuk shalat dhua.

3. Bergabung dengan Komunitas Online Messenger KODHAM

Dan tips sederhana yang terakhir / ketiga dari saya adalah dengan gabung di Komunitas Online Messenger bernama KODHAM. Apa itu Kodham? Merupakan singkatan dari Komunitas Dhuha Ummat. Ya sesuai namanya, komunitas tersebut berfokus untuk membentuk sebuah kebiasaan Shalat Dhuha bagi para membernya. Visi dari komunitas ini "Mendhuhakan dunia dan menduniakan Dhuha"

Dengan gabung di komunitas ini, setiap pagi kita akan diingatkan oleh admin group atau member lain untuk melakukan shalat dhuha dan melapor setelahnya di group. Adapun jumlah anggota di group terdiri dari 20 orang, dan biasanya dibagi menjadi 4 kelompok / tim kecil @ lima orang. Group yang dimaksud adalah group online messenger di Whatsapp atau BBM. Sehingga kita akan termotivasi untuk tidak melewatkan satu haripun mengerjakan shalat dhuha minimal dua rakaat.

Selain bisa menambah saudara seiman dan sevisi, dengan gabung Kodham juga bisa kita jadikan gadget kita menjadi lebih bermanfaat dan menjadi ladang amal, ketimbang cuma dipakai untuk update socmed saja. Jadi segera gabung dengan komunitas mulia ini agar shalat dhuha anda menjadi lebih rajin dan gak bolong-bolong lagi.

Untuk tahu lebih lanjut tentang komunitas Kodham ini, bisa sobat tinjau langsung ke blog Kodham di https://kodham.wordpress.com/tag/cara-daftar/


Baik itulah sedikitnya 3 tips sederhana namun powerfull tyang bisa saya bagikan untuk meningkatkan konsistensi kita dalam menjalankan shalat dhuha setiap hari. Semoga bermanfaat dan semoga menginspirasi bagi semua. Amin.

Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment