Breaking

Sunday 17 January 2016

Apakah itu Pengangguran Terselubung?

Pengangguran Terselubung, Apakah Itu?? - Menganggur adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak mempunyai pekerjaan yang bisa memberikan dia penghasilan. Adapun sebutan untuk orangnya adalah disebut pengangguran. Tidak perlu dikasih definisi pun pasti kita juga sudah paham ya, bahwa pengangguran itu adalah orang yang tidak punya pekerjaan.

Bahkan di daerah sunda ada sebuah istilah yang menggambarkan kehidupan seorang pengangguran, yaitu "hardollin", sebuah akronim dari "dahar, m*d*l, ulin" yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti kerjaannya cuma "makan, berak (maaf), dan main keluyuran" aja. Sehingga pantaslah kalau manusia jenis ini kadang suka dijuluki sampah masyarakat, wong kerjaannya begitu doang, tidak produktif. Dan setiap orang pastinya tidak ingin dicap sebagai manusia pengangguran, karena itu merupakan sebuah aib kalau boleh dibilang..hehe

Namun baru-baru ini di jagat perpesbukan, saya melihat ada sebuah kegaduhan massal (lebay) yang sumbernya bermuara di teman baru saya di facebook yaitu si Om Andro. Beliau mengenalkan dan mempopulerkan istilah Pengangguran, namun dilihat dari sudut pandang dan pengertian yang berbeda. Si Om ini hendak menyampaikan bahwa di era digital seperti sekarang ini banyak sekali profesi yang kadang oleh kebanyakan orang disebut atau dikira pengangguran, padahal potensi penghasilan dari profesi tersebut bisa mengalahkan orang-orang yang bekerja konvensional.

Maka terciptalah istilah Pengangguran Terselubung, seperti dikutip di berita kompas di bawah ini.
Bicara tentang terselebung, saya jadi teringat pada sebuah blog fenomenal yang dulu sempat eksis dan ramai di sekitar 2009/2010an. Namun karena suatu alasan pelanggaran hak cipta (katanya), si adminnya yang suka secara sembunyi-sembunyi copas konten dari blog lain secara membabi buta (dalam jumlah banyak), maka sekarang blognya sudah dihapus, tidak bisa diakses lagi.

Oke back to topic. Apakah itu Pengangguran Terselubung? Dari penjelasan di atas, secara langsung bisa kita definisi Pengangguran Terselubung yaitu seseorang yang oleh orang-orang di sekelilingnya dianggap tidak punya pekerjaan, tapi ia memiliki penghasilan yang bisa saja besarnya di atas rata-rata orang kebanyakan yang bekerja konvensional.

Kelihatannya gak kerja, cuma main-main doang, cuma bikin-bikin video doang tiap hari, tapi punya penghasilan. Bahkan orang-orang awam di sekelilingnya mungkin beranggapan bahwa dia miara tuyul..hehe


Jadi jika anda tidak punya pekerjaan atau usaha fisik (seperti toko) yang mewajibkannya anda untuk pergi pagi pulang petang, tapi Anda memiliki penghasilan, maka bisa jadi anda termasuk dalam kategori Pengangguran Terselubung ini.

Salah satu contoh paling populer saat ini yang bisa dikategorikan sebagai Pengangguran Terselubung adalah profesi youtuber atau kerap dibilang juga sebagai artis youtube. Seperti si Chandra Liouw atau Edhozell yang sekarang lagi eksis-eksisnya di dunia youtube Indonesia.Saya pun sering menonton video-video mereka karena memang lucu-lucu.

Terlihat sekilas kerjaan mereka cuma main doang, cuma bikin-bikin video tiap harinya, lalu diupload ke channel mereka secara terjadwal. Padahal sebenarnya dari situlah mereka mendapatkan pundi-pundi dollar yang mengalir seiring semakin banyaknya subscriber/langganan dan viewers dari setiap video yang mereka upload. "Dari mana emang sumber duitnya??" ya jelas dari iklan yang nempel di setiap video di channelnya itu. Semakin banyak yang nonton, semakin banyak yang klik iklannya, semakin besar pula aliran arus dollar yang mereka dapatkan tanpa bisa dicegah. Tentu hal ini tidak pernah mereka publikasikan ke siapapun atau ke kalangan awam, namanya juga terselubung..xoxo

Atau juga Raditya Dika, satu-satunya orang Indonesia yang subscriber channel youtubenya telah tembus 1 juta, bahkan terus bertambah seiring dengan semakin populernya dia saat ini. Walaupun dia seorang penulis, aktor, standup comedian, bahkan sutradara, tapi jangan salah.. penghasilan dia dari youtube juga sangat besar lho. Bahkan kalaupun dia melepas profesinya sebagai penulis, aktor dan sutradara, saya berani bilang bahwa dia masih bisa kaya bermodal youtube dan video-video di channelnya itu. Mantap kan.
gambar dari www.ziliun.com

Sebenarnya banyak lagi profesi-profesi lainnya yang bisa dikategorikan sebagai Pengangguran Terselubung, seperti gamers, profesional traveler, internet marketer, blogger atau selebtweet mungkin.

Pengangguran Terselubung bukanlah sekadar pengangguran dalam artian sebenarnya, yang sering kita temukan di masyarakat, yang memang benar-benar tidak punya sumber penghasilan.

Pengangguran terselubung itu bekarja di jalur passionnya.

Dia sangat antusias, fokus dan bekerja keras serta yakin pada apa yang dikerjakannya. Dia melakukan pekerjaan di luar orang kebanyakan (out of the box) sehingga oleh para tetangga, keluarga dan orang yang tidak mengenal kesehariannya- dianggap sebagai pengangguran, walaupun sebenarnya tidak tepat. Karena walaupun tidak bekerja, dia bisa saja mampu mendapat penghasilan di atas rata-rata. Dan sudah banyak yang membuktikannya.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana dengan kamu? Apakah terinspirasi untuk jadi Pengangguran Terselubung juga?. Atau jangan-jangan memang sudah, ya. :) . Bagi yang tertarik untuk belajar perihal Pengangguran Terselubung ini, dan mau gabung group fb eksklusif Pengangguran Terselubung, bisa coba colek dan tanya-tanya teman (mastah) saya di facebook, Om Andro Di sini. Atau buat yang ingin belajar monetisasi youtube, bagaimana seorang pengangguran bisa menghasilkan $611 (setara 7 juta rupiah) cuma dari satu video saja, bisa juga daftar untuk mendapatkan Ebook Miniguide Youtube Strategy Di sini.
Pengangguran Terselubung, Apakah Itu??

Sekian artikel penjelasan tentang Pengangguran Terselubung ini. Semoga bisa menambah wawasan kita, semoga menginspirasi. Salam

No comments:

Post a Comment