Breaking

Friday 1 January 2016

7 Manfaat Nyata Menulis Artikel di Blog Setiap Hari

7 Manfaat Nyata Menulis Artikel di Blog Setiap Hari - Kita pasti setuju bahwa menulis setiap hari itu adalah pekerjaan yang sangat sulit untuk dilakukan terlebih untuk seorang penulis atau blogger pemula. Tidak adanya ide dan masih kurangnya kemampuan untuk mengembangkan pikiran ke dalam bentuk tulisan kerap kali menjadi hambatan seseorang untuk menulis, walau hanya satu paragraf. Namun jika terus dilatih setiap hari, insyaAllah kemampuan kita menghasilkan tulisan akan meningkat bahkan tanpa berpikir sekalipun.

Menulis setiap hari bukanlah sebuah bakat, melainkan sebuah kemampuan yang perlu dilatih setiap harinya sehingga terbentuklah sebuah kebiasaan. Namun sebelumnya kita harus meluruskan cara pandang kita. Menulis itu haruslah kita anggap sebagai sebuah kebutuhan yang harus kita penuhi setiap harinya, bukan sebagai target atau sesuatu hal yang dilakukan karena keterpaksaan. 

Layaknya kebiasaan menyikat gigi setiap hari 2 kali sehari pasti akan ada yang kurang dan mungkin untuk kebanyakan orang sangatlah tidak nyaman jika tidak menyikat gigi dalam satu hari. Sehingga tanpa merasa terpaksapun kita dengan sukarela melakukannya karena itu merupakan kebutuhan. Seperti itu jugalah dengan menulis. Jika menulis telah menjadi sebuah kebiasaan, maka akan terasa ada yang kurang pastinya jika dalam satu hari kita tidak menulis. 
Gambar dari www.jisc.ac.uk

Bahkan beberapa blogger kenamaan yang merupakan favorit saya juga seperti Mbak Indri Lidiawati (juragancipir.com) dan Mas Gee Jhon (empunya portal-uang.com) kerap kali menyuarakan betapa pentingnya bagi kita, khususnya seorang blogger untuk bisa menulis / update artikel setiap harinya, walau hanya satu posting, dan walau dalam satu posting tersebut hanya terdiri dari satu paragraf, dan walau dalam satu paragraf tersebut hanya terdiri dari satu kata (kalo yang ini nggak sih kayaknya..he). 


Sebegitu pentingnyakah? Memang apa saja manfaat yang bisa kita dapat dengan rajin menulis setiap hari, khususnya publish artikel di blog?? Oke berikut akan saya jabarkan tentang manfaat nyata yang bisa kita rasakan dengan menulis setiap hari.

1. Blog menjadi kaya akan konten

Dengan rajin menulis artikel di blog setiap hari, maka secara langsung manfaatnya dapat kita lihat dalam perkembangan blog kita. Konten di blog akan melimpah ruah dan pada ujungnya akan berpengaruh pada trafik pengunjung yang terus bertambah seiring bertambahnya artikel kita di blog.

2. Blog tidak akan sepi kayak kuburan 

Ini adalah efek lanjutan dari poin no. 1 di atas. Tentunya dengan banyaknya artikel yang terpublikasi di blog, maka potensi untuk menjaring lebih banyak pengunjung akan lebih besar. Blog akan ramai dan bahkan mungkin akan tercipta sebuah komunitas aktif yang loyal berinteraksi dan mengunjungi blog kita setiap hari.

3. Reputasi blog yang baik di mata Search Engine dan Visitor

Dengan rutin update artikel setiap hari, maka akan sangat baik secara SEO. Kita tahu bahwa Search Engine, khususnya Google sangatlah menyukai blog yang selalu update. Setiap artikel yang dipublish dapat berpotensi lebih cepat terindex oleh robot Google sehingga bisa tampil di SERP / halaman pertama pencarian Google. 

Selain itu kita juga akan mendapat pandangan dan nilai positif dari pengunjung yang datang. Dengan tersajinya artikel fresh / baru setiap harinya maka boleh dibilang itu merupakan nilai plus dari visitor terhadap blog kita. Dan bukan tidak mungkin mereka akan menjadi visitor loyal untuk menunggu postingan-postingan baru di blog kita.

4. Pengetahuan dan kosakata kita yang terus meningkat

Jika 3 poin di atas bekaitan dengan efek terhadap blog, manfaat nyata berikutnya berhubungan dengan kita selaku penulis di blog. Yaitu secara langsung atau tidak, maka pengetahuan kita akan semakin bertambah setiap harinya. Juga akan semakin memperkaya pembendaharaan kosakata yang kita miliki. Dan efek lanjutannya kita akan semakin pintar dalam menulis. Sehingga kualitas dan bobot daripada tulisan kita akan semakin terlihat.

5. Otak menjadi terlatih untuk terbiasa berpikir

Dengan terbiasa menulis setiap hari, akan berpengaruh positif terhadap otak kita. Otak akan selalu berpikir untuk produktif menghasilkan sesuatu. Jadi otaknya tidak akan lemah karena sering dilatih setiap hari :D

6. Kemampuan mengetik 10 jari yang dapat meningkat drastis

Mengetik 10 jari adalah keterampilan yang juga harus dilatih agar bisa menghasilkan tulisan lebih banyak dalam waktu yang lebih sedikit. Dan dengan membiasakan menulis setiap hari, maka kemampuan mengetik kitapun secara tidak sadari akan semakin meningkat. 

7. Mendapatkan uang

Dengan rajin menulis artikel di blog setiap hari, lalu kita monetisasi artikel tersebut dengan menempatkan iklan, seperti iklan adsense di dalamnya, maka sebuah hal yang pasti kita akan bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari situ. Walaupun mungkin nilai dari setiap iklan yang diklik tersebut relatif kecil (recehan) tapi tidak apa-apa. Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Receh pun jika dikumpulkan bisa jadi gunung. Tapi walaupun begitu, fokus kita tetap harus pada update artikel, Soal uang/earning pasti akan mengalir mengikuti tanpa bisa dihambat, seiring dengan semakin ramainya blog kita. Mantap.


Oke mungkin itulah yang bisa saya tulis dan bagikan hari ini berkenanan dengan manfaat nyata dari menulis artikel di blog setiap hari. Semoga dapat memberikan manfaat dan memberikan semangat khususnya bagi saya yang juga sedang berjuang untuk bisa rutin rajin menulis artikel setiap hari di blog. Dan umumnya buat sobat blogger sekalian yang juga mungkin sedang berjuang di jalur yang sama :). Sekian dan  Terima kasih.
Salam..

No comments:

Post a Comment