Breaking

Friday 1 January 2016

Berusaha Konsisten Mengupdate Artikel Blog - (Sebuah Catatan Awal Tahun)

Halo sobat pembaca sekalian, apa kabarnya hari ini? Mudah-mudahan senantiasa sehat ya. Di artikel kali ini saya tidak akan membagikan tulisan berat berupa tutorial atau panduan How to do something, melainkan saya hanya ingin berbagi motivasi untuk menjaga konsistensi dalam hal menulis konten untuk blog. Oh iya sebelum menulis lebih jauh, mungkin ada baiknya saya ucapkan terlebih dahulu "Selamat Tahun Baru 2016". Yap hari ini (saat tulisan ini dipublish) adalah hari pertama di bulan januari di tahun baru. Hari di mana banyak sekali berseliweran status-status di media sosial tentang resolusi dan harapan yang ingin dicapai di tahun baru. Tentunya kita sama-sama berharap, semoga di tahun yang baru ini kita bisa mencapai impian-impian kita yang belum terlaksana di tahun kemarin. Amiin.

Berkaitan dengan resolusi dan harapan,di tahun yang baru ini, saya berharap akan lebih bisa mempertahankan yang namanya konsistensi. Konsistensi dalam mengerjakan hal-hal positif tentunya, yang mana jika dijalankan secara berkelanjutan setiap hari bisa mendatangkan banyak manfaaat bagi kehidupan kita di masa depan. Dan salah satu di antaranya yakni dalam dunia blogging, yang notabene masih merupakan dunia baru bagi saya pribadi. Harapannya yaitu ingin konsisten dalam meng-update artikel di blog, khususnya di blog ini.

Ya, saya meyakini bahwa menulis adalah sebuah kegiatan yang sangat positif, khususnya menulis di blog seperti ini. Selain bisa melatih otak kita dalam berpikir, kita juga punya kesempatan untuk memberikan manfaat bagi orang banyak yang mencari suatu informasi di internet, yang boleh jadi informasi yang mereka butuhkan tersebut ada dalam tulisan artikel kita. Nambah pahala juga kan jadinya.

Saya mungkin belum menjadi seorang penulis / blogger profesional saat ini, tapi setidaknya saya sedang berada di jalur passion saya, yaitu menulis. Seperti ada kebanggaan dan sensasi tersendiri ketika kita telah berhasil mempublish satu buah tulisan di blog, walau hanya beberapa paragraf dan walaupun mungkin belum ada yang (mau) baca. Itulah yang namanya passion, tidak perlu alasan kenapa kita melakukannya, yang penting kita menyukainya, lakukan saja selagi itu bersifat positif.

Dan secara pribadi saya merasakan dan mengakui belum bisa mempertahankan konsistensi dalam hal menulis / mengupdate blog setiap harinya, walaupun saya sangat ingin melakukannya. Dan saya kira ini dirasakan oleh kebanyakan blogger pemula seperti saya. Banyak sekali alasannya, seperti karena waktu yang sempit, tidak ada ide tulisan, dan lebih seringnya sih karena malas dan suka menunda-nunda, serta selalu menunggu semuanya sempurna. Padahal saat paling sempurna itu memang tidak akan pernah ada, saya yakini itu. Tidak ada waktu paling tepat untuk memulai, kecuali saat ini. Mantap..!! (harusnya malu kalau masih nunda-nuda posting, karena udah nulis begini :))

Maka dari itu, di hari pertama di tahun baru ini dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahiim saya bertekad untuk bisa konsisten menulis update artikel setiap hari, minimal satu hari satu posting. Karena blogger itu ya kerajaan utamanya ya harus nulis, belum bisa disebut blogger kalau update blognya cuma sebulan sekali atau bahkan mungkin setahun sekali. Kecuali kalau mau disebut blogger gadungan atau blogger imitasi..hehe

Namun ibarat sebuah tangga yang kita gunakan untuk mencapai atas pohon misalnya, kita tentunya tidak bisa langsung berada di atas tanpa melewati anak-anak tangganya terlebih dahulu. Maksudnya untuk sebuah pencapaian besar, diperlukan langkah-langkah kecil yang dijalankan secara konsisten.

Begitupun dalam blogging, untuk bisa update artikel setiap hari selama berbulan-bulan atau mungkin sepanjang tahun (amiin), sangatlah tidak mudah, karena perlu motivasi lebih dalam mengerjakannya. Selain itu kita harus menciptakan kondisi KEPEPET pada diri kita. Sudah sering dengar kan, istilah TEPOK alias The Power of Kepepet yang dijargonkan oleh Om Jaya Setiabudi. Apa yang bisa kita gunakan supaya kita berada dalam kondisi kepepet harus nulis?? Nah inilah inti dari yang saya tulis di sini.

#31DWC
Jadi berawal dari ketidaksengajaan mencari-cari tips menulis di internet beberapa hari lalu, saya dipertemukan dengan sebuah blog milik bro Dani Kaizen, yang beralamatkan di blogdanikaizen.blogspot.co.id. Yang mana di blognya itu saya diperkenalkan dengan suatu gerakan atau Campaign bernama #31DWC (31 Days Writing Chalenge). Sebuah chalenge / tantangan bagi kita untuk bisa menulis atau update artikel blog setiap hari selama sebulan penuh tanpa putus. Tidak ada batasan tema tulisan, tulis saja apa yang ada dalam pikiran, lalu publish, sesimpel itu. Dan di sini sebenarnya tidak ada yang benar-benar secara langsung menantang kita untuk menulis setiap hari, melainkan kita yang menantang diri kita sendiri untuk bisa mendobrak kemalasan yang selama ini telah tertimbun menggunung mungkin, hingga kita bisa menggerakkan jari-jemari kita menuliskan apa yang ada dalam pikiran.

Tentunya ada banyak sekali benefit / keuntungan nyata yang bisa kita rasakan dengan konsisten menulis setiap hari. Apa sajakah itu?? InsyaAllah tentang hal itu akan saya bahas di postingan berikutnya. So, stay tune ye..!! :D

Jadi untuk sekarang, mungkin dicukupkan sekian tulisan ringan ini yang sekaligus saya nobatkan sebagai tulisan perdana saya dalam rangka mengisi tantangan #31DWC ini. Semoga diberikan kemudahan dan dilimpahkan inspirasi ide tulisan oleh-Nya. Karena kalau tidak sekarang, kapan lagi?? Waktu itu cepat sekali berlalu bro, tidak terasa 364 hari lagi kita akan menginjak 2017..hehe. Jadi jangan sia-siakan waktu luang kita sebelum datang waktu sempit kita. #SelfReminder.

Perjalanan seribu mil dimulai dari satu langkah pertama. Mari melangkah.
Salam.
1 Januari 2016

No comments:

Post a Comment