Breaking

Friday 22 January 2016

Cara Mudah Membuat Alat Parse HTML di Blogger

Alat Parse HTML adalah suatu fasilitas di internet yang berfungsi untuk menterjemahkan kode-kode HTML ke dalam suatu bentuk karakter tertentu. Parse HTML ini dalam kondisi tertentu sangatlah diperlukan dan bermanfaat dalam kegiatan blogging. Adakalanya ketika kita hendak membagikan serangkaian kode HTML dan ingin mempostingnya di artikel, maka tidak bisa secara langsung mengcopy/pastenya di postingan secara bulat-bulat. Karena nantinya kode tersebut akan diterjemahkan oleh si blog sebagai sebuah kode HTML asli yang memuat sebuah perintah. Sehingga tidak akan muncul sebagai sebuah teks biasa.

Jadi untuk bisa menuliskan rangkaian kode HTML ke dalam sebuah postingan, maka kode tersebut harus di-parse terlebih dahulu dengan Alat Parse HTML tersebut.

Selain itu, Parse HTML juga sangat diperlukan saat hendak menempatkan kode iklan AdSense di area postingan. Yang mana untuk menempatkan kode iklannya, khusus di blogspot harus masuk melalui halaman edit HTML di pengaturan templatenya. Sehingga untuk bisa membuat iklannya muncul di postingan, maka kode iklan HTML iklan adsensenya harus terlebih dahulu di-parse sebelum dicopy/paste di edit HTML.

Adapun untuk mem-parse kode HTML tersebut, kita bisa melakukannya melalui alat parse kode HTML yang banyak terdapat di Internet tentunya. Salah satunya di blog saya ini juga sudah saya sediakan alat untuk Parse kode HTML. Seperti terlihat di bawah ini. Silahkan bisa langsung Anda coba :)


Ketikkan / Paste Script Kode HTML kedalam Bidang Kotak dibawah ini
Kemudian klik tombol "Parse Kode HTML" 






Namun bagi sobat yang menginginkan alat Parse HTML ini tersemat di blognya, maka gampang saja. Berikut akan saya berikan tutorial untuk membuat dan memasang alat parse HTML di blog. Sehingga nantinya sobat bisa memiliki alat parse HTML sendiri di blognya, tidak perlu lagi menggunakan alat parse HTML dari situs lain. Adapun hasilnya akan seperti terlihat di atas.

Oke, berikut adalah cara simpel yang bisa sobat lakukan.
1. Seperti biasa, pastinya login ke akun blogger.
2. Tentukan di mana sobat akan menempatkan alat parse HTML ini, di laman static (page) atau di postingan/entri biasa. Tapi saya sarankan tempatkan di Laman (Static Page). Klik menu Laman dan pilih Laman Baru.
3. Setelah masuk halaman posting Static Page, setel ke Mode input HTML (bukan Compose).
Kemudian Copy kode di bawah ini dan pastekan di halaman input HTML tersebut.
<div dir="ltr" style="text-align: center;" trbidi="on">
<div class="style1">
<div style="text-align: center;">
<span style="font-family: Arial, Courier, monospace; font-size: large;"><b><u><a href="http://www.bangrusman.com/p/parse-kode-html.html">Alat Parse HTML</a></u></b></span>
</div>
<center>
<b><span style="font-family: Arial, Courier, monospace;">
</span><div class="style1">
<span style="font-family: Arial, Courier, monospace;">Ketikkan / Paste Script Kode HTML kedalam Bidang Kotak dibawah ini</span>
<span style="font-family: Arial, Courier, monospace;">Kemudian klik tombol "<span style="color: red;">Parse Kode HTML</span>"<i>&nbsp;</i></span></div>
</b></center>
<center>
<b>
<div style="text-align: center; width: 100%;">
<div style="margin: 0 auto; padding: 0; width: 100%;">
<div id="mainDiv" style="padding: 2px 0;">
<textarea cols="21" id="tarea" onfocus="code_check();" rows="10" style="font-size: 12px; height: 100%; width: 100%;"></textarea>
<div style="margin: 0 auto; padding: 5px 0; width: 95%;">
<button onclick="code_convert();" style="margin-right: 5px;" type="button">Parse Kode HTML</button>
<button onclick="code_clear();" style="margin-left: 5px;" type="button">Clear</button> </div>
</div>
</div>
</div>
<script>
function code_check(){
var focuscheck=document.getElementById('tarea');if(focuscheck.value.indexOf('Pastekan Disini Kode yang Akan Anda Pasang pada Postingan Blog')>0)focuscheck.value='';}
function code_clear(){
var wtarea=document.getElementById('tarea');wtarea.value='';}
function code_convert(){
var ctarea=document.getElementById('tarea');var toConvert=ctarea.value;
var toConvert=toConvert.replace(/&/g,"&amp;");
var toConvert=toConvert.replace(/'/g,"&#039;");
var toConvert=toConvert.replace(/"/g,"&quot;");
var toConvert=toConvert.replace(/</g,"&lt;");
var toConvert=toConvert.replace(/>/g,"&gt;");
ctarea.value=toConvert;ctarea.focus();ctarea.select();};
</script>
</b></center>
</div>
</div>
4. Setelah di-paste, sobat bisa langsung klik tombol Publish / Publikasikan. Dan silahkan cek hasilnya. Adapun demo dan penampakannya di laman akan terlihat seperti DI SINI.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Itulah kira-kira sedikit penjelasan tentang Alat Parse HTML dan tutorial cara membuatnya untuk bisa disematkan di blog sobat masing-masing. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi sobat semua. 

Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment