Breaking

Saturday 9 January 2016

Tentang Gadget Terbaru Blogger : Featured Post

Tentang Gadget Terbaru Blogger : Featured Post - Belum lama ini, sekitar awal Desember 2015, blogger telah merilis sebuah fitur gadget terbarunya yang bisa disematkan di sidebar atau footer blog, yaitu Gadget Featured Post atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi Entri Yang Diunggulkan. Semua admin blogger pun pasti mendapatkan notifikasi di dashboard nya yang bertuliskan seperti di bawah ini.

Apa fungsi dari gadget Featured Post?
Sebagai seorang blogger tentunya kita dituntut untuk bisa terus mengupdate postingan di blog. Dan pastinya diantara sekian banyak postingan yang telah kita publish, ada satu post yang mungkin kita unggulkan atau sebut saja sebagai rajanya posting. Dan jika kita terus mengaupdate postingan di blog, tentu satu post yang kita anggap unggulan tersebut lambat laun akan terselip atau terhimpit di antara arsip-arsip blog. Sehingga tidak terlihat lagi tampil di halaman beranda.
Featured Post, Entri yang diunggulkan, gadget blogger
Notifikasi Gadget Entri Unggulan
Nah, untuk menjaga impresi/penayangan terhadap post unggulan tersebut tetap terjaga, maka kita bisa menggunakan gadget Featured Post / Entri yang Diunggulkan. Sehingga post unggulan yang kita pilih bisa tampil secara khusus di sidebar untuk bisa dengan mudah ditemukan dan dibaca oleh pengunjung.

Adapun untuk membuat atau menampilkan gadget Featured Post ini sangatlah mudah. Cukup masuk ke menu tab Layout/ Tata letak. Kemudian pada sidebar, pilih Add Gadget, lalu pilih Entri yang Diunggulkan  / Featured Post.
Featured Post, Entri yang diunggulkan, gadget blogger

Maka setelahnya akan muncul sebuah jendela halaman seperti gambar di bawah ini. Yang mana, kita bisa memilih postingan kita yang mana yang hendak kita jadikan Featured Post / Post Unggulan. Untuk kustomisasi, silahkan atur sendiri dengan memberikan judul, bisa diisi dengan tulisan default, "Featured Post" atau Post Unggulan, atau yang lainnya. Centang juga pilihan tampilkan judul dan gambar. Jika sudah, klik Simpan.
Featured Post, Entri yang diunggulkan, gadget blogger
Setelah itu satu gadget baru bernama Featured Post akan muncul di halaman edit Layout. Kita bisa seret kemana saja kita ingin tempatkan gadget terbaru tersebut. Namun disarankan untuk menampilkannya di sidebar saja agar bisa dengan mudah dilihat oleh pengunjung blog. Sehingga kemungkinan untuk dibacanya post oleh pengunjung menjadi lebih tinggi. Dan berefek ke trafik yang naik. 

Jika sudah, klik Simpan Pengaturan dan cek dengan cara lihat blog. Kini di sidebar blog sudah tampil gadget baru featured post yang secara spesial menampilkan posting unggulan di blog kita.

Featured Post, Entri yang diunggulkan, gadget blogger

Sekian artikel yang membahas tentang fitur Gadget terbaru Blogger, yaitu Featured Post. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih.
Salam blogger.

1 comment:

  1. meminjamkan iMac Macbook ke pekerja asing yg tinggal di Jakarta http://zapplerepair.com/jasa-sewa-rental-Macbook-iMac-untuk-business-expat-di-Jakarta.html

    ReplyDelete