Breaking

Thursday 7 January 2016

Tips Menulis : Menulislah Di mana Saja

Menulislah Dimana Saja - Tahu acara Music Everywhere nya Net TV? Ya itu salah satu (baca : satu-satunya) acara musik TV favorit saya juga saat ini. Karena isinya memang benar-benar menyajikan pertunjukkan musik live yang berkualitas. Bukan acara musik tapi isinya masak-masak.
Namanya Everywhere, pasti latar tempat yang dipakai juga macam-macam setiap minggunya, bisa di museum, di taman, di cafe, di balcon gedung, di dalam angkot (enggak deng). Juga ditunjang dengan penataan sudut pandang kamera dan lighting yang apik sehingga menyuguhkan tontonan berkelas bagi yang menontonnya di TV atau pun langsung. (Lha kenapa ini ngomongin musik).

Bukan maksud apa-apa sih, cuma saya mau memberikan sedikit tips menulis yang juga sedang saya jalani sekarang, yaitu writing everywhere alias menulis dimana saja. Kalau pertunjukan musik aja yang membutuhkan banyak peralatan bisa everywhere alias dimana saja. So, kenapa 'Menulis' tidak bisa. Menulis adalah kegiatan yang jauh lebih mobile dan tentu bisa kita lakukan di mana saja, asal ada laptop. Bahkan gak perlu pakai laptop juga, bisa pakai tablet atau smartphone sekalipun. Seperti tulisan ini juga saya buat di aplikasi blogger mobile Android, saat sedang duduk di kursi bus antar kota :)
tips menulis, menulis dimana saja.
Gambar lisensi CC dari www.flickr.com
Saya jadi teringat salah satu paragraf tulisan dalam bukunya mas Indra Permana yang berjudul Resign Sukses. Di paragraf itu (entah di halamam berapa) beliau menceritakan proses penulisan bukunya itu juga dikerjakan saat ia pergi liburan ke luar negeri. Mas Indra menulis bukunya di mana saja. Di tempat-tempat yang ia kunjungi saat wisata, selalu disempatkannya untuk menulis bukunya yang kini telah jadi best seller itu.

Bahkan saat naik sepeda pun, beluau menulis. Lha kok bisa, naik sepeda sambil nulis?? Bisa saja, caranya yaitu dengan mengucapkan kalimat demi kalimat yang hendak dijadikan tulisan lalu direkamnya menggunakan gadget. Untuk kemudian bisa ditransfer ke dalam bentuk tulisan nantinya. Hal itu cukup efektif sepertinya (walau saya sendiri belum pernah mencobanya) karena bisa saja saat bersepeda itu inspirasi ide tulisan akan muncul melimpah lalu supaya tidak kabur, kita bisa ikat dengan cara merekamnya. Kan sayang inspirasi bagus kalau dibiarin kabur :)

Jadi menulislah dimana saja, selagi memungkinkan. Manfaatkan gadget yang kita punya untuk menulis, khusunya menulis artikel di blog seperti ini untuk tetap bisa update artikel. Sehingga 'tidak sedang depan laptop/komputet' bukan lagi alasan untuk tidak menulis.

Memang hasilnya pasti akan kurang maksimal, terlebih kalau kita menggunakan gadget mobile seperti android, yang notabene cuma menggunakan dua jempol untuk mengetikkan tulisan, bisa saja ada/banyak typo kesalahan dalam penulisan ditambah efek jempol keriting..hehe. Selain itu fitur mobile juga sangat terbatas, seperti tidak leluasa mengupload gambar untuk dimasukkan ke artikel, memberikan link, mengedit URL artikel dan yang lainnya. Tapi lebih baik kan daripada tidak menulis sama sekali. Toh kita masih bisa edit tulisannya walau sudah dupublish - nanti setelah siap dengan waktu luang dan peralatan yang lebih mendukung untuk menulis normal.

Tips menulis dimana saja ini bisa sangat efektif untuk meningkatkan frekuensi update artikel di blog kita. Selain itu waktu kita juga akan lebih terpakai secara efektif dan efisien. Ingat, time is money, jangan disia-siakan. Selagi ada waktu untuk menulis, sempatkanlah menulis tanpa tapi tanpa nanti.

Semoga tulisan ringan ini bermanfaat. Sekian, terima kasih.
Salam

No comments:

Post a Comment