Breaking

Thursday 18 February 2016

5 Fakta dan Manfaat Buah Pare Yang Harus Kamu Tahu

5 Fakta dan Manfaat Buah Pare Yang Harus Kamu Tahu - Dewasa ini banyak sekali faktor yang membuat menurunnya tingkat kesehatan seseorang. Pola hidup, makan dan tidur yang tidak teratur akan mudah membuat kondisi tubuh kita terserang berbagai macam penyakit. Dan kita ketahui bahwa nilai kesehatan  itu sangatlah mahal dibandingkan dengan hal apapun. Maka dari itu, ada baiknya jika kita melakukan berbagai macam upaya yang bersifat preventif / pencegahan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar hingga tua nanti.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencapai kualitas kesehatan tubuh. Selain dengan olah raga dan disertai kualitas tidur yang cukup, kita juga harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi / vitamin untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya adalah sayur dan buah-buahan.
5 Fakta dan Manfaat Buah Pare Yang Harus Kamu Tahu
dari flickr.com
Dan di artikel kali ini saya akan membahas tentang satu buah yang memiliki banyak sekali khasiat bagi tubuh kita jika kita mengonsumsinya secara teratur, setiap hari atau mungkin beberapa hari sekali. Buah apakah itu? Sedikit saya kasih gambaran di awal, warnanya hijau, permukaannya agak bergelombang, berbentuk runcing dan rasanya pahit. Ya, benar Buah Pare. Kita akan bahas tentang fakta dan manfaat buah pare bagi kesehatan.

Lho bukannya Pare itu termasuk sayur ya? Ya kebanyakan orang memang beranggapan bahwa pare yang rasanya pahit itu adalah termasuk sayur, namun secara ilmu biologi pare termasuk ke dalam kategori buah (katanya). Sama halnya dengan kita sering menganggap tomat sebagai buah, padahal sayur :) oke lanjut..

Dan buah pare ini sangat dapat kita jadikan sebagai alternatif obat yang bersifat herbal tentunya serta harganya murah dan gampang dicari dimana-mana, di pasar atau di warung. Adapun asal-muasal buah pare ini sendiri adalah dari kawasan Asia selatan, yakni dari wilayah Negara India. Dapat dengan mudah tumbuh di kawasan tropis, baik di daerah dataran rendah maupun daerah terlantar sekalipun.

Di Indonesia sendiri biasanya buah pare ini diolah menjadi sayur pendamping / lauk nasi. Kita dapat dengan mudah menemukan sayur olahan pare jika kita makan di warteg / warung makan. Atau kadang juga pare yang sudah direbus dan dikukus sering dipadukan dengan makanan siomay. Ya walaupun rasanya pahit, tapi itu bukan masalah jika kita tahu apa manfaat yang terkandung di dalam buah yang satu ini. Dan terbukti banyak juga orang yang suka memakannya bahkan menjadikannya sebagai makan rutin sehari-hari.

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat yang terkandung dalam buah pare ini bagi kesehatan tubuh kita? Berikut adalah beberapa manfaatnya.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Seperti telah kita tahu, bahwa untuk meningkatkan sistem imunitas / daya tahan tubuh maka kita harus banyak-banyak mengonsumsi vitamin C yang bersumber dari buah atau sayur. Dan ternyata dari hasil penelitian, buah pare juga mengandung banyak vitamin C. Maka dari itu kita dapat konsumsi pare secara teratur agar daya tahan tubuh meningkat dan tidak gampang sakit. Adapun cara yang paling efektif agar kita mendapat hasil optimal dari khasiat pare ini, maka kita bisa meminum air hasil rebusan buah pare. Karena air rebusan buah pare telah terbukti berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan berbagai jenis gejala penyakit.

2. Sebagai pencegah penyakit jantung

Penyakit jantung koroner adalah penyakit pembunuh nomor 1 satu di dunia hingga saat ini. Dan dewasa ini, penyakit jantung bukan hanya menghantui orang manula, tapi juga telah banyak mengancam para generasi muda. Salah satu faktornya adalah karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok dan banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.

Dengan mengkonsusi pare secara teratur, maka ancaman serangan penyakit jantung pada tubuh dapat kita minimalisir. Karena buah pare ini dapat secara alami mengurangi dan menyeimbangkan kandungan kolesterol tubuh. Sehingga dengan begitu kondisi tubuh kita dapat lebih sehat dan terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

3. Pare untuk merawat kesehatan mata

Mungkin ini fakta yang sangat jarang sekali orang-orang mengetahuinya. Karena pada umumnya kita mengetahui bahwa untuk merawat kesehatan mata maka kita harus banyak mengkonsumsi makanan (sayur/buah) yang mengandung banyak vitamin A, seperti wortel dan tomat. Padahal pare juga memiliki khasiat untuk menjaga / merawat kesehatan mata.

Apa yang menyebabkan pare berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata?? Pada buah pare itu sendiri sebenarnya terdapat zat bernama Bethakarotein yang berfungsi untuk menjaga kesehatan penglihatan dan mengurangi terjadinya infeksi pada mata.

Maka dari itu, bagi anda yang saat ini mengalami masalah dengan kesehatan mata seperti mata rabun jauh ataupun dekat, tidak ada salahnya mulai sekarang mulai membiasakan diri mengkonsumsi pare secara teratur, setiap hari kalau perlu agar penglihatan anda lebih baik dan mata anda menjadi lebih sehat.

4. Pare dapat menurunkan berat badan

Memiliki tubuh proporsional adalah impian semua orang. Selain enak dipandang, dengan memiliki tubuh yang proporsional juga sangat baik secara kesehatan. Seperti kita tahu, bahwa dengan berat badan yang berlebihan / obesitas dapat berpotensi mengundang berbagai macam penyakit, seperti kolesterol tinggi, dan bahkan serangan jantung.

Dan untuk menurunkan berat badan yang terlalu gemuk, tentunya bisa kita upayakan dengan berbagai cara. Selain dengan melakukan olah raga secara teratur, juga bisa didukung dengan konsumsi makanan sehat berupa sayur dan buah. Dan salah satu alternatif yang bisa dicoba adalah buah Pare.

Pare bisa berkhasiat juga untuk menurunkan berat badan karena dalam buah ini terkandung banyak sekali zat anti oksidan yang berfungsi untuk membasmi racun-racun dalam tubuh yang bisa menyebabkan berat badan kita menjadi berlebih. Selain itu pare juga dapat lebih menekan nafsu makan dan membuat kita lebih lama kenyang. Sehingga pare sangat cocok dijadikan sebagai pendukung program diet, agar diet yang dilakukan menunjukkan hasil yang optimal.

5. Pare sebagai obat penghilang jerawat

Sudah bukan rahasia lagi kalau yang namanya jerawat adalah salah satu masalah kulit di wajah yang tentu sangat mengganggu walaupun ukurannya sangat kecil. Jika anda merasa terganggu dengan kehadiran jerawat di muka, maka ada baiknya anda mengkonsumsi pare secara teratur. Karena menurut penelitian, zat-zat dalam buah pare dapat mengurangi dan mengobati terjadinya infeksi kulit secara alami.

Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan anda mengkonsumsi buah pare ini dengan cara dijus. Jangan Tanya bagaimana rasanya, tentu saja pahit. Tapi jangan bayangkan bagaimana pahitnya rasa jus tersebut, bayangkanlah bagaimana nantinya wajah anda akan lebih bersih dan sehat terhindar dari gangguan jerawat.



Nah itulah beberapa fakta dan manfaat buah pare bagi kesehatan. Ternyata di balik rasanya yang pahit menyimpan banyak sekali khasiat bagi kesehatan. Jadi jangan ragu buat rutin konsumsi pare.
Sekian dan terima kasih. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat pembaca sekalian.

No comments:

Post a Comment