Breaking

Monday 22 February 2016

Cara Gampang Back Up Blog di Blogger Terbaru

Cara Gampang Back Up Blog di Blogger - Istilah Back Up mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dalam dunia teknologi sendiri, back up berarti mencadangkan suatu data untuk tujuan keamanan. Yang mana jika sesuatu terjadi pada data tersebut yang mengakibatkan hilang atau terhapus, maka kita tidak perlu pusing karena sudah terlebih dahulu memiliki data cadangan / back up itu tadi. Jadi sebuah tindakan bijak bagi kita untuk melakukan back up data tersebut untuk mengantisipasi dan menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan yang mungkin terjadi pada data tersebut

Bukan hanya pada data / file seperti ebook, video, atau foto, namun juga pada blog yang kita miliki. Artinya jika kita memiliki blog, baik itu masih baru ataupun sudah lama / berumur, maka akan lebih baik jika kita melakukan back up atas data-data blog kita. Back up yang dimaksud adalah mencadangkan semua data dalam blog yang mencakup postingan juga komentar-komentar yang mungkin juga sudah tersemat di dalamnya. Dan untuk lebih amannya lagi, kita dianjurkan untuk membackup data blog kita secara berkala, misal seminggu sekali atau dua minggu sekali seiring bertambahnya artikel.

Kenapa harus back up data blog? Alasannya jelas agar kita memiliki file blog cadangan yang bisa kita publish (ekspor) kembali, manakala terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti terhapusnya blog kita yang sekarang, karena suatu pelanggaran misalnya. Atau mungkin bisa saja ada pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab, seperti hacker yang mencuri data login blog, sehingga kita tidak lagi bisa mengakses blog kita sendiri.

Tentunya kita berharap hal-hal semacam di atas tidak terjadi pada blog kita. Tapi tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga. Maka dari itu, sebelum menyesal, mending cadangkan / back up dulu data blog kita sekarang juga, dan lakukan secara berkala.

Adapun cara mem-backup data blog itu sangatlah gampang, karena kita tinggal menggunakan fasilitas Alat Blog, menu Impor Blog-Ekspor Blog di menu setelan blogger. Tapi untuk lebih jelas, berikut adalah uraian singkatnya.

1. Seperti biasa, log in ke akun blogger sobat.
2. Masuk menu Setelan --> Sub Menu Lainnya. Maka akan fitur blog untuk backup seperti terlihat di gambar di bawah ini.


3. Klik tombol / tulisan Ekspor Blog. Akan muncul jendela pop up seperti terlihat di bawah ini.
Klik tombol download / Unduh Blog. Setelahnya semua data blog kita, seperti postingan, page, komentar, dll akan disatukan membentuk sebuah file berekstensi dot xml (.xml). Semua data blog akan terdownload dan bisa kita amankan sebagai data cadangan. Tinggal kita simpan / tempatkan di hardisk komputer


Adapun jika suatu saat kita ingin mempublish kembali file blog kita yang telah di-backup tadi (baik di alamat blog yang sama ataupun berbeda), maka caranya juga sangat mudah. Cukup gunakan fitur Import Blog di menu Setelan -> Lainnya seperti di atas.
Lalu pilih file back up blog berformat .xml yang telah disimpan sebelumnya. Jika sudah, langsung klik tombol Impor Blog. 
Maka dalam beberapa saat, semua data blog akan diupload / diimpor menjadi sebuah blog baru.

Bagaimana? Mudah sekali, bukan. Sebuah cara simpel namun sangat berguna untuk bisa mengamankan data blog dalam rangka mengantisipasi bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada blog kita.

Demikian saja tutorial cara mudah back up blog di Blogger / Blogspot. Google telah memberikan fiturnya di blogger, tinggal kita gunakan secara maksimal demi keamanan blog kita. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment