Breaking

Tuesday 8 March 2016

Cara Mudah Membuat Gaya Tulisan Dropcap di Artikel Blogspot

Dropcap adalah sebuah style / gaya penulisan sebuah huruf awal dari sebuah paragraf. Yang mana huruf awal tersebut ditampilkan lebih besar dari huruf-huruf setelahnya, sehingga jadi terlihat lebih menonjol. Efek tulisan seperti ini berguna untuk bisa sedikitnya menarik atau memfokuskan perhatian pembaca pada paragraf awal dari sebuah artikel.

Biasanya style dropcap ini banyak kita temukan di penulisan artikel koran. Dan untuk membuat style tulisan dropcap tersebut cukup mudah jika dilakukan di software pengolah kata seperti MS. Word, karena memang sudah ada menu / toolbar khusus untuk membuatnya. Namun, bukan hanya di MS. Word saja kita bisa mengaplikasikan Dropcap pada tulisan, melainkan bisa juga kita terapkan pada paragraf tulisan artikel blog. Sehingga tampilan artikel  bisa terlihat lebih menarik dengan adanya huruf yang menonjol di awal layaknya artikel koran.
Cara Mudah Membuat Gaya Tulisan Dropcap di Artikel Blogspot

Cara membuatnya pun bisa dibilang cukup mudah, karena kita hanya harus sedikit menambahkan kode HTML pada setelan template.
Oke, bagi yang mau coba menerapkan style Dropcap di tulisan artikelnya, bisa ikuti tutorial di bawah ini.
Berikut adalah script kode HTML yang harus dicopy
.dropcap{float:left;color:#000000;background:#fff;line-height:44px;padding-right:5px;font-family:Arial;font-size:60px;}
1. Seperti biasa, login dulu ke akun blogger sobat.
2. Masuk menu Template, dan Klik tombol Edit HTML
3. Cari kode ]]></b:skin> dengan menekan tombol CTRL+F di keyboard. Paste / tempelkan kode yang sudah dicopy tadi, tepat di atas kode ]]></b:skin>
4. Klik tombol Simpan Template. Pastikan setelan sudah benar-benar tersimpan.

Setelah menambahkan script di atas di HTML Template, langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk membuat style Dropcap adalah dengan mengaturnya secara manual di halaman edit posting artikelnya.

Silakan masuk ke menu Pos dan cari artikel yang ingin dibuatkan style Dropcap, lalu klik Edit Post. Kemudian ubah mode penulisan dari mode Compose ke mode HTML (setelan di kiri atas). Jika sudah, maka yang harus kita lakukan cuma menambahkan kode di bawah ini
<span class="dropcap">H</span>
Tempatkan kodenya di bagian paling atas tulisan. Dan ganti huruf H dengan huruf pertama pada suatu paragraf yang ingin dibuat dropcap tersebut.
Contoh :
<span class="dropcap">A</span>pakah tidak berlebihan memberi label sebuah kamus sebagai kamus terbaik? darimana segi penilaiannya? apakah dari segi kelengkapannya? Ya bisa jadi. Tapi bukan cuma dari segi kelengkapan tapi juga karena kamus tersebut menggunakan Phonetic sistem IPA (International Phonetic Association) dalam pengaplikasiannya
 Maka hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini
dropcap, dropcap blogger,
Nah begitulah cara mudah membuat gaya tulisan Dropcap pada artikel blogspot. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment