Breaking

Thursday 12 May 2016

Cara Mudah Redirect Link Ke Link lain Dalam Satu Blog

Cara Mudah Redirect Link Ke Link lain Dalam Satu Blog- Selamat malam sobat blogger, di artikel kali ini saya ingin berbagi sedikit tips blogging sederhana, masih dengan platform blogspot tentunya. Yaitu tentang cara melakukan redirect / mengalihkan link halaman satu ke halaman lain dalam satu blog.

Tips ini bisa sobat pakai salah satunya yakni jika sobat mengubah / mengedit permalink dari suatu artikel yang mana artikel tersebut sudah terindeks oleh Google, karena mungkin terdapat kesalahan penulisan kata dalam permalink-nya dan ataupun alasan lainnya yang menyebabkan permalinkya harus diedit.
Baca  : Cara Mudah Mengganti Permalink Artikel Blogspot Yang Telah Dipublish
Namun ada hal yang perlu diperhatikan, jika kita mengedit permalink sebuah artikel yang sudah terindeks oleh Google, jelas itu akan berpengaruh pada trafik atau kunjungan. Terlebih jika artikelnya tersebut memang muncul di halaman pertama pencarian Google (SERP) untuk kata kunci tertentu. 
Cara Mudah Redirect Link Ke Link lain Dalam Satu Blog
Gambar dari www.hallaminternet.com

Maksudnya begini, kita buat pemisalan saja biar lebih gampang dipahami. Misal sebuah artikel dari blog Anda berjudul "Cara Praktis Membuat Layang-layang Bentuk Pesawat" berada di halaman pertama pencarian. Dengan permalink yang telah terindeks adalah seperti ini www.bloganda.com/2016/05/cara-praktis-membuat-layang-layang-bentuk.html. Setelah beberapa lama, karena suatu alasan barulah Anda terpikir ingin mengubah struktur permalinknya menjadi sama dengan judul. Sehingga Anda mengubahnya menjadi www.bloganda.com/2016/05/cara-praktis-membuat-layang-layang-bentuk-pesawat.html . (ditambahkan kata pesawat)

Nah jika hal itu dilakukan, maka akan berpengaruh pada indeks Google yang telah ada pada permalink sebelumnya. Permalink dari artikel tersebut secara langsung akan menimpa dan menggantikan permalink sebelum diedit. Dengan kata lain, permalink sebelumnya akan dianggap terhapus, dan kemudian menjadi sebuah 'broken link' alias link yang tidak ada isinya. Sehingga jika ada orang yang menemukan artikel Cara Membuat Layang-layang Bentuk Pesawat di halaman pencarian, maka hasilnya akan Error 404 Not Found.


Nah, di sini ada satu langkah yang harus kita lakukan segera setelah kita mengedit permalink artikel tersebut. Agar walau kita sudah mengganti URL, kita tetap dapat trafik dari mesin pencari. Bagaimana cara melakukan redirect ini? Berikut adalah langkah-langkah simpelnya.

1. Pastinya log ini dulu ke blognya
2. Masuk menu pengaturan - sub Menu Preferensi penelusuran. Klik tulisan / tombol Edit
Cara Mudah Redirect Link Ke Link lain Dalam Satu Blog
 Jika sebelumnya telah membuat pengalihan, maka untuk menambahkan klik tombol Pengalihan Baru.
Cara Mudah Redirect Link Ke Link lain Dalam Satu Blog
3. isikan URL lama dan URL baru hasil editan tadi di kolom yang tersedia, seperti terlihat di gambar di bawah ini. Jika sudah klik Simpan

Cara Mudah Redirect Link Ke Link lain Dalam Satu Blog
Maka, dengan begitu kita sudah berhasil melakukan redirect / pengalihan satu URL link satu ke URL lainnya.

Adapun untuk demonya, saya coba lakukan trik ini di blog lama saya. Di artikel Cara Gampang Mengganti Template Blog. silakan klik URL berikut http://www.bangrusman.com/2015/04/cara-gampang-mengganti-template-blog.html, maka yang akan terbuka adalah http://www.bangrusman.com/2015/04/cara-gampang-mengganti-template-blog-blogger.html

Tapi karena sudah dipasangi script redirect dari blog lama  ke blog baru, maka akan langsung diarahkan ke
http://www.indravedia.com/2015/04/cara-gampang-mengganti-template-blog-blogger.html

Nah, itulah cara / trik mudah melakukan redirect / pengalihan suatu halaman blog satu ke halaman lainnya. Fiturnya sudah disediakan oleh blogger sendiri, tinggal kita manfaatkan. 

Sekian saja artikel sederhana ini, semoga bermanfaat. Terima kasih

No comments:

Post a Comment