Breaking

Monday 1 August 2016

Penyebab Dan Solusi Rambut Rontok

Rambut merupakan mahkota pada kepala bagi setiap insan manusia. Tapi apa jadinya jika rambut anda rontok, sudah pastilah anda akan  mencari tahu cara mengatasi rambut rontok. Inilah masalah yang paling sering dikeluhkan oleh sebagian besar orang yaitu kerontokan pada rambut. Rambut yang rontok terus-menerus dan tidak mendapat perhatian secara serius maka akan dapat menyebabkan kebotakan pada kepala walaupun kebotakan kepala juga bisa berasal dari faktor keturunan.
Masalah rambut rontok dapat timbul dari berbagai penyebab. Cara mengatasi rambut rontok tergantung penyebabnya, inilah penyebab yang sering dilakukan manusia sehingga tanpa sadar rambut rontok mereka bertambah semakin banyak dan tidak ada penyelesaiannya. Sebelum anda mengetahui dengan cara mengatasi rambut rontok alangkah baiknya anda tahu terlebih dahulu penyebab dari kerontokan rambut.
cara mengatasi rambut rontok
13 penyebab rambut rontok yang perlu diketahui, ialah:
  1. Gangguan hormon
    Kerontokan rambut dapat terjadi karena adanya gangguan pada hormon manusia. Hormon yang dapat menyebabkan kerontokakan rambut ialah Hormon Alopesia Androgenetik, Hormon Dihydro Testosterone (DHT), dan Hormon Alopesia Areata. Ketiga hormon tersebut merupakan faktor yang paling sering menimbulkan kerontokan, dengan kisaran presentase 70%. Kerontokan yang disebabkan oleh hormon tersebut tidak bersifat permanen.
  2. Kurang asupan Gizi dan Vitamin
    Tubuh memerlukan gizi dan vitamin akan tetapi anda perlu tahu juga bahwa bukan hanya tubuh saja, rambut juga membutuhkannya. Asupan gizi dan vitamin sangat dibutuhkan oleh rambut untuk tetap menjaga kesuburan dan kesehatan rambut serta kulit kepala. Jika anda melakukan diet jangan lupa perhatikan nilai gizi yang anda konsumsi, kalau tidak ingin mengalami kerontokan rambut.
  3. Bahan kimia
    Bagi anda yang suka mewarnai rambut, memberi minyak rambut untuk gaya dan suka keramas pakai sampo sembarangan perlu diingat bahwa kandungan bahan kimia terdapat pada bahan itu dapat juga menyebabkan kerontokan rambut.
  4. Alat kencantikan
    Demi menunjang penampilan biasanya kaum wanita rela menghabiskan uang berapa pun untuk dapat terlihat cantik. Terkadang mereka lupa bahwa alat tersebut dapat menyebabkan kerusakan rambut. Sebagai contoh hair dryer dan catok rambut alat ini dapat menyebabkan akar rambut menjadi kering dan rambut menjadi lebih cepat patah. Akan tetapi jika anda memang membutuhkan alat itu untuk darurat silahkan saja, tapi jangan terlalu sering bila tidak ingin rambut anda rusak.
  5. Pengaruh obat-obatan
    Efek samping yang terkandung pada obat juga dapat menyebabkan rambut anda menjadi rontok. Obat yang dapat menyebabkan kerontokan yaitu: obat depresi, obat pengencer darah, obat kemoterapi, dan kontrasepsi. Kerontokan jenis ini tidak permanen biasanya jika seseorang menghentikan minum obat tersebut amaka kerontokan pun juga ikut berhenti.
  6. Jarang Keramas
    Kebersihan rambut perlu dijaga, banyak orang yang mengabaikan hal ini. Padahal rambut yang jarang dibersihkan dapat berakibat berminyak dan lembab. Rambut dapat rontok ketika minyak dan kelembapan rambut tidak terjaga dengan baik, maka saran kami jangan bermasalasan untuk keramas membersihkan rambut dan juga saat keramas diusahakan jangan menggosok rambut terlalu keras hal ini dapat menyebabkan rambut ketarik dan rontok.
  7. Penyakit
    Kerontokan pada rambut dapat juga terjadi ketika seseorang mengalami penyakit kronis. Beberapa penyakit memang dapat membuat rambut menjadi rontok diantaranya penyakit lupu dan diabetes. Tapi kerontokan ini tidak bersifat permanen, jika penyakit sembuh rambut akan tumbuh kembali.
  8. Kemoterapi
    Disaat orang menjalankan pengobatan dengan kemoterapi maka rambut pada seluruh tubuh akan mengalami kerontokan. Kerontokan rambut ini tidak bersifat permanen, jika terapi pengobatan dihentikan maka rambut akan tumbuh kembali.
  9. Kehamilan
    Wanita yang sedang hamil akan mengalami kerontokan rambut. Anda tidak perlu kawatir jika sedang mengalaminya, hal ini secara alami. Setelah anda melahirkan rambut anda akan tumbuh kembali dengan sehat.
  10. Gangguan emosional
    Saat seseorang mengalami perubahan emosional perlu anda pahami bahwa kinerja organ dalam tubuh kita juga mengalami perubahan. Begitu juga apabila kita mengalami stress, disaat kita mengalami stress syaraf-syaraf pada kepala kita menegang sehingga hal ini dapat menyebabkan kerontokan rambut.
  11. Keturunan
    Rambut rontok juga bisa karena faktor keturunan, faktor ini memang agak sulit disembuhkan tapi bisa anda cegah sebelum ini terjadi.
  12. Merokok
    Berdasarkan Sebuah penelitian jurnal Archives of Dermatology menerangkan bahwa kandungan zat adiktif pada rokok dapat merusak suplai darah ke folikel rambut.
  13. Infeksi
    Kulit kepala dapat mengalami infeksi, hal ini terjadi karena beberapa hal dianataranya oleh serangan jamur. Jika anda mengalami hal ini segera bersihkan kepala anda agar dapat segera sembuh sehingga infeksi pada kulit kepala tidak menyebabkan kerontokan rambut.
Penyebab-penyebab seperti yang kami jelaskan diataslah yang membuat rambut menjadi rontok. Akan tetapi anda tidak perlu panik apabila salah satu penyebab tersebut menyerang diri anda. Banyak cara untuk mencegah ataupun menyembukan kerontokan rambut pada kulit kepala. Anda dapat melakukan pencegahan dan penyembuhan secara alami dengan cara dibawah ini.
cara mengatasi rambut rontok
Cara mengatasi rambut rontok:
  1. Lidah Buaya
    Tumbuhan ini sudah cukup terkenal kehebatannya dalam urusan masalah yang terjadi pada rambut. Kandungan zat-zat pada lidah buaya dapat membuat rambut menjadi subur dan tebal. Cara menggunakannya cukup dengan membelah lidah buaya, ambil jeli, pakailah untuk keramas. Jeli tersebut bisa anda hancurkan terlebih dahulu atau langsung saja usapkan-usapkan pada rambut secara merata, diamkan 10 menit, bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan tersebut rutin minimal 1 minggu 3 kali agar, apabila anda ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat lakukan satu hari satu kali.
    lidah buaya-210716
  2. Madu
    Selain untuk diminum madu juga dapat anda pakai untuk keramas, caranya anda oleskan madu di rambut sampai merata. Kemudian diamkan selama 15 menit, bilas rambut anda dengan air sampai bersih.
    madu -210716
  3. Kulit apel
    buah apel menghandung banyak sekali vitaminl, salah satu kegunaan buah apel adalah dapat melancarakan peredaran darah pada kulit kepala. Hal ini sangat berpengaruh pada kesehatan pada rambut anda. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan kulit apel, oleskan kulit apel keseluruh bagian kepala, diamkan selama 30 menit, bilas dengan air bersih.
    apel - 210716
  4. Minyak kemiri
    Biji kemiri mengandung zat-zat yang berguna bagi kesehatan rambut anda, akan tetapi anda perlu tahu bahwa biji kemiri tidak cocok untuk semua jenis rambut. Ada sebagian rambut yang apabila menggunakan ini kerontokan menjadi parah. Cara pemakaiannya oleskan minyak kemiri pada seluruh bagian kepala anda secara merata, diamkan 15 menit lalu bilas dengan air bersih.
    minyak biji kemiri - 210716
  5. Minyak zaitun
    Selain minyak kemiri minyak zaitun juga dapat anda gunakan untuk mengatasi ataupun mencegah kerontokan rambut dengan cara oleskan minyak rambut keseluruh bagian kepala secara merata, diamakan sekitar 15 menit, bilas dengan air bersih. minyak zaitun merupakan salah satu cara mengatasi rambut rontok.
    minyak zaitun - 210716
  6. Alpukat
    Buah ini sangat enak sekali untuk dijadikan jus, tapi siapa sangka kalau buah ini dapat menyehatkan rambut. Kandungan protein pada buah ini begitu tinggi, protein sangat dibutuhkan oleh rambut untuk menjaga kesuburannya. Cara penggunaannya haluskan daging alpukat, oleskan pada bagian kepala secara merata, diamkan 20 menit, bilas dengan air bersih.
    alpukat - 210716
Jika anda mengalami kerontoka dapat anda coba cara diatas, menggunakan cara mengatasi rambut rontok secara alami lebih sehat bagi anda dan tidak efek samping bagi bagian tubuh lainnya. Selalu jaga kesehatan rambut anda secara rutin.

No comments:

Post a Comment