Breaking

Tuesday 2 January 2018

Tips Mujarab Agar Kuota Internet Anda Tidak Cepat Habis

Tips Mujarab Agar Kuota Internet Anda Tidak Cepat Habis
Aplikasi Datally. (BeritaSatu Photo/Yudo Dahono)
Jakarta - Berselancar di internet seringkali membuat kita lupa waktu. Tanpa terasa kuota data internet yang dimiliki dengan cepat terkuras. Padahal sebetulnya ada cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota data internet, tanpa mengurangi kesenangan kita. Berikut langkah-langkahnya yang dihimpun Beritasatu.com dari berbagai sumber :
1. Gunakan YouTube Go
Konsumsi video seperti YouTube hingga aplikasi video on-demand menjadi penyumbang terbesar dalam penggunaan data seluler. Dalam laporan Mobility Report edisi November 2017 yang dirilis Ericsson, angkanya bahkan mencapai 55%. Kalau tidak ingin data kuota internet Anda cepat habis, sebaiknya mulai beralih dengan menggunakan aplikasi YouTube Go.
Aplikasi ini bisa membantu pengguna menyimpan dan menonton video dengan lancar meski dalam koneksi lemah, serta memberi transparansi dan kontrol terhadap jumlah data yang dihabiskan untuk menonton video. Dengan YouTube Go, pengguna bisa memilih ukuran file video sebelum menonton atau menyimpannya secara offline untuk ditonton kapan saja.
Sebelum menonton, akan ada pilihan video basic quality atau standard quality dengan ukuran file video yang berbeda. Selain itu, pengguna aplikasi YouTube Go juga bisa menonton preview video terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran mengenai isi video tersebut, sehingga tidak membuang-buang kuota karena kerap kali ada judul video yang tidak sesuai dengan isinya.
2. Aplikasi Datally
Akhir November 2017 lalu, Google telah merilis aplikasi Android untuk menghemat penggunaan kuota internet bernama Datally. Ada empat fitur utama di Datally. Pertama adalah fitur Penghemat Kuota yang memungkinkan penggunanya mengontrol kuota yang digunakan oleh setiap aplikasi, sehingga kuota bisa dimaksimalkan pada aplikasi yang disukai.
Selanjutnya ada Balon Penghemat Kuota. Setelah fitur Penghemat Kuota diaktifkan, balon Penghemat Kuota di Datally akan muncul. Balon ini akan menampilkan jumlah penggunaan kuota terhadap sebuah aplikasi, dan pengguna bisa memilih untuk memblokir penggunaan kuota di aplikasi tersebut jika penggunaan kuota sudah mulai tidak terkendali.
Ketiga adalah fitur Kelola Data. Datally akan memberitahu jika sebuah aplikasi menggunakan kuota dalam jumlah yang banyak, serta berapa banyak kuota yang digunakan per hari, per minggu, hingga per bulan.
Selanjutnya ada fitur Temukan Wi-Fi yang dapat membantu penggunanya menemukan jaringan Wi-Fi di sekitar yang telah dinilai oleh komunitas Datally.
3. Twitter Lite
Saat ini beberapa media sosil telah meluncuran versi Lite untuk platform mereka, seperti Twitter Lite yang dirilis di Indonesia pada April 2017. Dengan format baru ini, platform Twitter bisa diakses dengan lebih cepat dan hemat data ketimbang lewat aplikasi. Twitter Lite tersedia di mobile.twitter.com. Dengan memori kurang dari 1 MB di ponsel, Twitter Lite menggunakan teknologi Progressive Web App yang dapat menghemat data hingga 70 persen, pemuatan konten yang lebih cepat 30 persen, serta navigasi yang lebih kencang.
4. Aktifkan Fitur Data Saver
Anda dapat menghemat penggunaan kuota internet dengan menggunakan peramban Google Chrome. Caranya aktifkan fitur Data Saver. Langkahnya, akses ke menu Settings > Data Saver > On.
Di aplikasi untuk media sosial, fitur untuk menghemat penggunaan data juga sudah tersedia. Misalnya di Instagram, caranya, buka Setting pada aplikasi Instagram (buka profil kemudian tap ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas Home). Di bawah opsi Setting, pilih opsi Cellular Data Use Option, kemudian pilih opsi Use Less Data untuk membuat kuota internet yang digunakan tidak terlalu banyak.
5. Batasi Update Aplikasi
Aplikasi yang terinstal di ponsel biasanya akan meng-update secara otomatis apabila ada pembaruan, dan proses ini bisa memakan kuota yang besar. Karenanya, disarankan untuk mengaktifkan pilihan Auto-update apps over Wi-fi Only. Caranya, masuk ke Play Store, kemudian pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over Wi-Fi Only.



Sumber: BeritaSatu.com

No comments:

Post a Comment