Breaking

Tuesday 19 May 2015

Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghilangkan Navbar di Blogger

Apa itu Navbar? hah..serius masih belum tahu apa itu navbar? Oke nih saya kasih sedikit penjelasan. :D hehe. Navbar adalah kependekan dari Navigation Bar, yaitu suatu bar panjang berbentuk frame yang berisi berbagai menu navigasi yang memiliki fungsi-fungsi tertentu. Jika sobat saat ini menggunakan blog berflatform Blogger dan menggunakan template bawaan bloggernya, maka biasanya navbar tersebut akan muncul di tampilan blog bagian atas.

Fitur navbar ini tentunya disediakan oleh Google bukan tanpa tujuan. Navbar ini memiliki beragam fungsi untuk mempermudah kegiatan blogging kita. Namun kebanyakan orang, termasuk saya kadang kurang menyukai hadirnya tampilan ini nangkring di bagian atas di blog mereka, karena mungkin agak sedikit mengganggu pemandangan dan jadi kelihatan blog gratisannya..hehe (mungkin), sehingga banyak yang menghilangkan atau menyembunyikan navbar tersebut. Bagaimana cara menghilangkannya?? Silahkan baca terus. :)
Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghilangkan Navbar di Blogger

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara menghilangkan navbar di blog ini, akan lebih baik jika kita sedikit review, bagaimana tampilan navbar itu dan apa saja fungsi-fungsinya?

Di bawah ini terlihat ada dua buah gambar, keduanya sama-sama navbar. Gambar pertama adalah tampilan navbar jika kita tidak dalam keadaan login di blogger.com atau bertindak sebagai visitor blog lain yang juga memasang navbar di blognya. Tampilannya sebagai berikut:

Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghilangkan Navbar di Blogger
Tampilan Navbar ketika sedang tidak login blogger
Adapun fungsi-fungsi dari navigasi-navigasi yang tampil di navbar adalah sebagai berikut:
Saya jelaskan berurut dari kiri ke kanan.
  • Logo Blogger : Jika diklik, akan mengarah ke halaman home dari blogger.com
  • Kotak Pencarian Blogger: Berfungsi untuk mencari blog yang masih dalam platform blogger.com.
  • Share Button Google Plus : berfungsi agar visitor bisa men-share dan merekomendasikan blog sobat ke profil Google+ nya.
  • Lainnya : Jika kita klik tanda panahnya maka akan tampil menu untuk share / berbagi postingan blog yang bersangkutan ke sosial media facebook, twitter, dan email. Juga disediakan tombol 'Laporkan Penyalahgunaan' yang berfungsi untuk mengirimkan laporan jika kita menemukan konten blog yang melanggar hak cipta, dll
  • Blog Berikut >> Jika sobat mengklik tombol ini, maka sobat akan diarahkan oleh Google ke blog lain yang masih berplatform blogger secara acak
  • Buat blog : tombol ini akan mengarahkan ke halaman pendaftaran blogger / membuat blog baru
  • Masuk : tombol ini berfungsi untuk log in ke akun blogger kita.
Nah itulah tampilan navbar jika kita sedang tidak login di blogger.com atau mungkin belum memiliki blog dan sedang mengunjungi blog orang lain, tampilannya akan seperti di atas.

Adapun jika kita  sudah punya blog dan sedang login, maka tampilan navbar untuk blog kita sendiri akan terlihat seperti berikut ini.
Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghilangkan Navbar di Blogger
Tampilan Navbar ketika sedang login blogger
Pada dasarnya sama saja, bedanya jika sudah log in maka di sebelah kanan navbar akan tampil nama email yang kita gunakan untuk login. Juga akan ditampilkan 3 tombol, yang terdiri dari
  • Entri baru : Jika diklik maka akan diarahkan ke halaman membuat posting baru
  • Desain : Jika diklik maka akan diarahkan ke halaman menu pengaturan template
  • Keluar : untuk logout dari akun blogger
Itulah kira-kira sekilas pandang tentang pengertian dan pengenalan fungsi navbar beserta isi dari masing-masing navigasinya.

Seperti yang saya sebutkan di atas, walaupun Google telah menyediakan fitur ini untuk mendukung kegiatan blogging kita, namun kita sebagai pengguna kadang kurang menyukai adanya tampilan navbar sehingga ingin menghilangkannya. Berikut adalah cara menghilangkan tampilan navbar di blog.

Cara Menghilangkan Navbar di Blogger

Tutorial ini juga saya tulis untuk menjawab pertanyaan salah satu teman blogger yang bertanya di artikel saya yang berjudul Cara Melakukan Setting/Pengaturan Awal Blog Baru di Blogger. Teman tersebut bertanya tentang bagaimana cara menghilangkan tampilan yang ada tulisan email di atas blognya (maksudnya navbar kali ya).

Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghilangkan Navbar di Blogger
Berikut adalah caranya:
1. Silahkan login ke blogger, dan masuk ke dashboard.
2. Klik menu Layout / Tata Letak
3. Arahkan pandangan ke kanan atas layout, biasanya gadget navbar ada disitu. Klik tulisan editnya.
Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghilangkan Navbar di Blogger

4. Maka akan muncul jendela tampilan Konfigurasi Navbar. Di sana kita akan disediakan berbagai variasi tampilan navbar yang bisa kita pilih dan gunakan. Namun jika tujuan kita untuk menghilangkan, cukup dengan klik 'radio button' (tombol bulat) pada pilihan Off. Lalu klik simpan.
Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghilangkan Navbar di Blogger
5. Tunggu beberapa saat hingga proses penyimpanan selesai. Kemudian klik tombol Simpan Setelan di menu layout tersebut.
6. Selesai, silahkan cek tampilan blog sobat sekarang. Maka tampilan navbar-nya akan lenyap, hilang entah kemana..hehe. Sebenarnya tidak hilang sih, lebih tepatnya disembunyikan.

Baik cukup sekian pembahasan sederhana tentang pengertian, fungsi dan cara meghilangkan navbar di Blogger ini saya tulis. Semoga bisa membantu rekan-rekan blogger sekalian. Sekian dan terima kasih. Jangan lupa baca juga Cara Membuat Pages dan Menjadikannya Sebagi Menu di Blog

No comments:

Post a Comment